//

DANA TRANSFER PUSAT, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KETIMPANGAN ANTAR WILAYAH DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. HANIF AL GHIFFARY - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Dana Transfer Pusat, Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Antar Wilayah di Indonesia Nama : M. Hanif Al Ghiffary NIM : 1301101010133 Jurusan : Ekonomi Pembangunan Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Pembimbing : Cut Zakia Rizki, SE., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dana transfer pusat, pertumbuhan ekonomi dan ketimpangan antar wilayah di Indonesia dengan menggunakan regresi data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu keseluruhan data berbentuk panel data yang terdiri dari data time series dan cross section data yang diambil dari 34 Provinsi di Indonesia, namun dalam hal ini provinsi Kalimantan Utara tidak dimasukkan karena data tidak tersedia. Variabel yang digunakan adalah data total besaran anggaran dana perimbangan, pertumbuhan ekonomi, dan gini rasio seluruh provinsi di Indonesia dari tahun 2011-2017. Dalam penelitian ini pertumbuhan ekonomi hanya sebagai variabel kontrol saja. Hasil dari penelitian secara teori dana perimbangan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif terhadap gini rasio, sedangkan secara statistik hanya dana perimbangan yang mempunyai pengaruh signifikan sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap gini rasio. Implikasi kebijakan bahwa dana perimbangan sepanjang periode mampu mengurangi ketimpangan meski kecil pengaruhnya, sehingga harus ditingkatkan pemanfaatan dan pendistribusiannya. Kata Kunci: Dana Perimbangan, Pertumbuhan Ekonomi dan Ketimpangan Antar Wilayah .

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEMISKINAN DI WILAYAH SUMATERA (MAULIZAR SARI, 2020)

KETIMPANGAN PENDAPATAN REGIONAL DI PROVINS! ACEH (Fajri Hadi, 2021)

ANALISIS PENGARUH KETIMPANGAN GENDER TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA (IRVANI TRI UTARI, 2021)

ANALISIS KETIMPANGAN WILAYAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI ANTARA KABUPATEN INDUK DAN PEMEKARANNYA DI PROVINSI ACEH (SULASMI, 2020)

ANALISIS PENGARUH PAD, DAK, DAN DAU TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI ACEH (Kartika Jannah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy