//

PERTUMBUHAN PENDUDUK DAN ALIH FUNGSI LAHAN KOTA BANDA ACEH SECARA BERKELANJUTAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ELSY TIARA NOVITA - Personal Name
SubjectINCOME
AGRICULTURE - ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Pertumbuhan Penduduk dan Alih Fungsi Lahan di Kota Banda Aceh Secara Berkelanjutan Nama : Elsy Tiara Novita NIM : 1501101010042 Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Jurusan : Ekonomi Pembangunan Pembimbing : Dr. Abd Jamal, SE., M.Si Konsentrasi : Ekonomi Regional Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pertumbuhan penduduk terhadap pengalihan penggunaan lahan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari pihak pertama atau informan yaitu masyarakat Kota Banda Aceh, melalui wawancara langsung dan indepthinterview menggunakan kuisioner yang telah disediakan. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Banda Aceh sebanyak 259.913 jiwa. Sampel nya berjumlah 45 responden, masing-masing kecamatan diambil 5 responden. Jumlah sampel tersebut sudah memenuhi batas minimal pengambilan sampel deskriptif. Model analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pertumbuhan penduduk berpengaruh pada pengalihan penggunaan lahan. Hal ini dikarenakan pertumbuhan penduduk di Kota Banda Aceh menyebabkan terjadi peningkatan pembangunan seperti pembangunan perumahan dan pembangunan ruko sebagai tempat usaha. Dampak dari pembangunan tersebut berpengaruh terhadap alih fungsi lahan. Lahan yang sebelumnya tanah kosong, sawah, ladang maupun lahan pertanian lainnya kini digunakan untuk membangun perumahan, ruko dan tempat usaha lainnya. Rekomendasi dari penelitian ini adalah pemerintah perlu melakukan pemerataan pembangunan wilayah perkotaan, memahami masalah perkotaan, menanggapi masalah yang muncul dari kepadatan penduduk, memaksimalkan infrastruktur kota dan membangun apartemen atau rumah susun. Kata kunci: Kepadatan Penduduk, Pembangunan Berkelanjutan, Ketersediaan Lahan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH MENJADI LAHAN NON PERTANIAN DI KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (EKY SULAIKA, 2016)

PENGARUH PERKEMBANGAN EKONOMI TERHADAP ALIH FUNGSI LAHAN DI KOTA BANDA ACEH (RAIHAN SAPUTRI, 2015)

TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH KABUPATEN DALAM PERLINDUNGAN ALIH FUNGSI LAHAN PERTANIAN PANGAN BERKELANJUTAN DI KABUPATEN PIDIE (LISA NOVITA AKADIR, 2019)

DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH TERHADAP KONDISI SOISAL EKONOMI MASYARAKAT KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Yasfir Maarif, 2018)

ANALISIS PREDIKSI KETERSEDIAAN LAHAN SAWAH MENGGUNAKAN METODE FORECASTING DI KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ARIF FAISALUDDIN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy