//

PENGARUH BERBAGAI MACAM NILAI EC(ELECTRICAL CONDUKTIVITY) TERHADAP PERTUMBUHAN TOMAT CERI (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) DENGAN APLIKASI HIDROPONIK FERTIGASI SISTEM DFT (DEEP FLOW TECHNIQUE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulbahri - Personal Name
SubjectHYDROPONICS
VEGETABLE GARDENING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Zulbahri. 1305106010009. Pengaruh Berbagai Macam Nilai EC (Electrical Conduktivity) Terhadap Pertumbuhan Tomat Ceri (Lycopersicum esculentum) dengan Aplikasi Hidroponik Fergasi sistem DFT (Deep Flow Technique). Dibawah bimbingan Deviati sebagai Pembimbing Utama dan Darwin sebagai Pembimbing Anggota. RINGKASAN Peningkatan jumlah penduduk yang sangat pesat mengakibatkan berkurangnya lahan- lahan pertanian yang sehat, akibat penggunaan yang intensif tanpa diikuti dengan sistem pemupukan yang berimbang. Hal itu mengakibatkan produksi dari sektor pertanian menurun dan berpengaruh pada kondisi ekonomi para petani. Teknologi-teknologi yang dikembangkan manusia untuk mengatasi hal tersebut adalah seperti budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, sistem fertigasi, sistem irigasi tetes dan lainnya. Hidroponik adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan memfokuskan kebutuhan tanaman pada nutrisi, dan kebutuhan air tanaman pada sistem ini cenderung lebih sedikit dari pada budidaya dengan menggunakan tanah. Kebutuhan EC juga dipengaruhi oleh kondisi cuaca, seperti suhu, kelembaban, dan penguapan. Jika cuaca terlalu panas, sebaiknya digunakan EC rendah. menjaga stabilitas pertumbuhan tanaman tomat ceri secara hidroponik, suplai hara merupakan suatu keharusan. Unsur hara tersebut diberikan dalam bentuk larutan nutrisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pertumbuhan tanaman tomat ceri dengan aplikasi fertigasi sistem DFT pada hidroponik dengan variasi nilai EC pada larutan nutrisi. Metode penelitian ini adalah mempertahankan nilai EC agar tetap stabil menunurut nilai yang dipertahankan. Perhitungan nilai ET0 pada penelitian ini menggunakan metode Penman Mouteid, menghitung prtumbuhan Tanaman seperti : tinggi tanaman, jumlah daun, dan jumlah bunga,n nila ET) dan ETc, nilai ETc itu sendiri didapat dari hasil pengamatan yang dilakukan pada setiap hari selama masa penelitian, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Nilai EC yang baik untuk pertumbuhan tomat ceri adalah 1,3 mS/cm dibandingkan dengan perlakuan-perlakuan yang lain karena pada nilai EC tersebut tinggi tanaman, Tinggi maksimal tomat ceri pada perlakuan EC 1,3 mS/cm 130,3 cm pada minggu ke 9, EC 1,5 mS/cm 111 cm, EC mS/cm 78,7 cm pada minggu ke 6, EC 2 mS/cm 76 cm pada minggu ke 6 dan untuk nilai EC yang berubah-ubah 78,3 cm pada minggu ke 9, jumlah aksimal daun tomat ceri pada EC 1,3 mS/cm berjumlah 190 helai dan secara berturut-turut EC 1,5 mS/cm (141 helai), EC 1,7 mS/cm (105 helai), EC 2 mS/cm (98 helai) dan nilai EC yang berubah-ubah berjumlah 82 helai.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KASCING DENGAN BERBAGAI DOSIS TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL) DI GAMPONG ULEE ATEUNG KECAMATAN MADAT KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Husaini, 2014)

PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN NUTRISI AB MIX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAYAM HIJAU (AMARANTHUS TRICOLOR L.) PADA SISTEM HIDROPONIK DFT (DEEP FLOW TECHNIQUE) TIPE MENDATAR (Hariyadi, 2018)

MORFOMETRI TESTES TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS) JANTAN STRAIN WISTAR YANG DIBERI PAKAN HIPERKOLESTEROLEMIK DAN EKSTRAK TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) (Anggi Lieansyah, 2014)

PERUBAHAN LAJU ALIRAN DAN PH SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH KONSUMSI BUAH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL, VAR. COMMUNE BAILEY) (STUDI PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2017) (INTAN MASTURA, 2019)

: EFEKTIVITAS RIZOBAKTERI KANDIDAT AGENS BIOKONTROL TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN KOLONI PHYTHIUM SP SERTA PENGARUHNYA TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR DUA VARIETAS BENIH TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM MILL.) (Annisa Humaira, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy