TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA TNI AD (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN MILITER I-01 BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA TNI AD (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN MILITER I-01 BANDA ACEH)


Pengarang

Saddam Husen - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1503101010091

Fakultas & Prodi

Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
SADDAM HUSEIN, TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA TNI AD (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Militer I-01 Banda Aceh)
Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala
(vi,59),pp.,tabl.,bibl.
M. Iqbal, S.H,M.H.

Pasal 127 ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika telah menyatakan bahwa setiap penyalahguna narkotika bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) Tahun (Golongan I), pidana penjara 2 (dua) tahun (Golongan II) dan 1 (satu) tahun (Golongan III). Namun pada kenyataannya, masih terdapat pelanggaran atas pasal yang telah diterapkan, terutama oleh oknum Tentara Nasional Indonesia (TNI).
Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan faktor penyebab terjadinya penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh oknum TNI dan upaya penanggulangan tindak pidana Narkotika yang dilakukan oleh oknum TNI
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer dengan cara mewawancarai responden dan informan. Sedangkan penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder dengan cara mempelajari peraturan perundang-undangan, buku-buku dan tulisan-tulisan ilmiah.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor penyebab terjadinya penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh oknum TNI yaitu faktor lingkungan, faktor ekonomi, faktor keluarga, kurangnya pengawasan komandan satuan dan kurangnya ibadah. Upaya penanggulangan tindak pidana Narkotika yang dilakukan oleh oknum TNI yaitu terdapatnya upaya Pre-Emtif berupa penyuluhan hukum tentang narkotika, penyuluhan kesehatan tentang bahayanya narkotika, pemberian penyuluhan tentang pembinaan mental dan jam komandan. Upaya preventif berupa diadakannya inspeksi dan penekanan melalui surat telegram (ST) dan represif yang merupakan upaya terakhir apabila upaya sebelumnya tidak mampu untuk menanggulangi terjadinya tidak pidana narkotika berupa pemecatan.
Disarankan kepada anggota TNI agar tidak terjerumus kedalam perkara penyalahgunaan narkotika dan menganggap narkotika menjadi jalan keluar dari segala permasalahan yang melandanya dan disarankan kepada pihak komandan satuan agar lebih intensif dalam menjalankan upaya penanggulangan penyalahgunaan narkotika dengan cara lebih rutin mengadakan inspeksi dadakan dan meminimalisir terjadinya hal yang serupa di kemudian hari.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK