//

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SD NEGERI 47 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YOVI TRISNAWATI - Personal Name
SubjectCURRICULUM DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Trisnawati, Yovi. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin di SD Negeri 47 Banda Aceh Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. Mahmud Hr, M. Si (2) Drs. Husin, M. Pd Kata Kunci: Implementasi, Karakter, Disiplin Kedisiplinan siswa di SD Negeri 47 Banda Aceh masih belum berkembang dengan baik. Siswa di sekolah tersebut belum memiliki kesadaran terhadap nilai-nilai kedisiplinan seperti kedisiplinan terhadap waktu, tugas maupun PR serta kedisiplinan terhadap tata tertib sekolah. Adapun tujuan dalam penelitian untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter disiplin di SD Negeri 47 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah terdiri dari 6 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data temuan penelitian ini dapat dikemukakan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dilakukan oleh guru di SD Negeri 47 Banda Aceh dengan cara membiasakan siswa disiplin dalam belajar dan memberikan keteladanan bagi siswa. Guru mengarahkan siswa untuk tertib dalam belajar, mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam belajar, mengerjakan tugas tepat waktu, mengarahkan siswa berpakaian rapi dan sopan, mengarahkan siswa disiplin dalam menggunakan waktu dan tidak bermain-main saat jam belajar dan siswa tidak diperbolehkan keluar masuk kelas tanpa seizin guru. Strategi yang digunakan oleh guru dalam melakukan peningkatan kedisiplinan siswa yaitu melalui pengkondisian sekolah dengan menempelkan tata tertib sekolah, kata-kata yang berkaitan dengan kedisiplinan dan juga kata-kata motivasi agar siswa dapat membacanya. Selain itu, guru juga mengkondisikan siswa dengan memberikan contoh teladan bagi siswa, sehingga siswa dapat mencontoh perilaku yang dilakukan oleh guru. Simpulan dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter disiplin dilakukan oleh guru di SD Negeri 47 Banda Aceh telah berjalan dengan baik, guru menerapkan pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan terhadap siswa dan menunjukkan sikap disiplin sebagai bentuk keteladanan dan ditunjukkan oleh guru untuk siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI SD NEGERI 47 BANDA ACEH (YOVI TRISNAWATI, 2019)

IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 67 PERCONTOHAN KOTA BANDA ACEH (IRFAN JULIANDY, 2019)

KENDALA GURU DALAM PENERAPAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI SD NEGERI 53 BANDA ACEH (Nyak Indra, 2021)

ENGLISH TEACHERS’ KNOWLEDGE IN IMPLEMENTING 2013 CURRICULUM (A STUDY AT STATE ISLAMIC SENIOR HIGH SCHOOLS IN BANDA ACEH) (RINA MAHJATY, 2017)

PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SMP NEGERI 1 BLANG PIDIE KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (MUHAMMAD SYAHRIL, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy