//

MOTIVASI USAHA HI BATIK DALAM MELESTARIKAN MOTIF BATIK ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AMALIA SABRINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Amalia Sabrina. 2019. Motivasi Usaha Hi Batik Dalam Melestarikan Motif Batik Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosmala Dewi, M. Pd (2) Dra. Fitriana, M. Si Kata Kunci :Usaha Hi Batik, Motif Batik Aceh Melestarikan motif batik Aceh adalah suatu motivasi yang dilakukan oleh usaha Hi Batik yang ingin tetap mempertahankan motif-motif khas Aceh yang diterapkan pada kerajinan batik. Permasalahan yang dihadapi saat ini masyarakat Aceh tidak mengetahui bahwa di Aceh memiliki tempat produksi batik yang menerapkan motif-motif Aceh dan sebagian masyarakat Aceh tidak mengetahui motif-motif khas Aceh yang sudah mulai dilupakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kiat-kiat usaha Hi Batik dalam melestarikan motif batik Aceh dan mengetahui proses pembuatan batik tulis yang diproduksi di usaha Hi Batik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian 3 orang. Hasil pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data yang diperoleh menemukan bahwa kiat-kiat usaha Hi Batik melestarikan motif batik Aceh adalah dengan memperkenalkan batik Aceh melalui pameran baik di dalam maupun di luar Aceh, dan melalui edukasi membatik gratis kepada masyarakat yang ingin mempelajari batik dan juga memperkenalkan batik Aceh melalui media sosial. Hasil yang didapatkan pada proses pembuatan batik tulis usaha Hi Batik sama dengan proses membatik pada umumnya, yang membedakan ialah ciri khas motif Aceh hasil kreativitas pemilik. Usaha Hi Batik adalah usaha rumahan yang memproduksi batik Aceh dengan menggunakan motif-motif khas Aceh. Pada usaha Hi Batik menggunakan 3 proses membatik yaitu batik tulis, cap dan printing. Disarankan kepada generasi muda dapat melestarian motif batik Aceh dengan bangga meggunakan batik agar batik Aceh dapat diketahui oleh masyarakat luas dan batik Aceh tetap dicintai dan diminati. Dukungan dari pemerintah diharapkan berupa promosi yaitu pameran-pameran dan penerapan kepada Dinas/Instansi program satu hari menggunakan seragam batik Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES PEMBUATAN KERAJINAN BATIK ACEH DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESAR (Fitriani, 2016)

MINAT PEMAKAIAN BATIK ACEH SEBAGAI BUSANA KERJA DI MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Muna Fita Sari, 2017)

MINAT PEMAKAIAN BATIK MOTIF ACEH DI KALANGAN SANTRI PESANTREN MODERN AL FALAH ABU LAM U KABUPATEN ACEH BESAR (UTARI RAHMI, 2016)

TEMU KEMBALI CITRA MOTIF BATIK BERDASARKAN FITUR WARNA DAN FITUR TEKSTUR BERBASIS MOMEN WARNA DAN TRANSFORMASI WAVELET (Sri Muliati Pardi, 2018)

PEWARNAAN MOTIF BATIK DARI MEDIA BAHAN ALAM KULIT BAWANG MERAH (JULIANI PASCA ZUMARNI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy