//

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERYLEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISILENGKUNG DI SMPN 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rosa Sasmita - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk melatih siswa memiliki pemikiran yang logis, kritis, analisis, dan sistematis. Strategi pembelajaran yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis yaitu model discovery learning, karena model discovery learning ini mempunyai cara pembelajaran tersendiri yakni, dengan cara penemuan yang prosesnya akan dilakukan oleh siswa itu sendiri secara langsung. Penelitian ini mengangkat maslah (1) Bagaimanakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMPN 6 Banda Aceh, (2) Bagaimanakah aktivitas siswa selama proses pembelajaran melalui model discovery learning pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMPN 6 Banda Aceh? Dan bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis siswa (2) untuk mengetahui aktivitas siswa. Sedangkan subjek dari penelitian ini adalah kelas IX7. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan test dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memeriksa jawaban siswa dan dibandingkan dengan hasil wawancara, jawaban siswa dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX7 SMPN 6 Banda Aceh berdasarkan kategori tahapan berpikir kritis yaitu: memahami masalah diperoleh 67,96% terkategori cukup, merencanakan penyelesaian diperoleh 99,84% terkategori sangat baik, melaksanakan penyelesaian diperoleh 78,03% terkategori baik, dan memeriksa kembali diperoleh 8,43% terkategori kurang. Persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX 7 secara keseluruhan yaitu 70% .Dengan demikian, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX7 SMPN 6 Banda Aceh secara keseluruhan tergolong dalam kategori sedang. (2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning pada bangun ruang sisi lengkung dikelas IX7 SMP N 6 Banda Aceh adalah aktif. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat memperhatikan segala aspek dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis matematis, Model discovery learning

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEORI VAN HIELE DI KELAS IX SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Muhammad Rizqi Musa, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH (Syarifah Suhayya, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLRM BASED LEARNING DI SMP PKPU ACEH BESAR (Masitah, 2019)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy