STANDARISASI RESEP SUMPIA ABON IKAN KEMBUNG (RASTRELLIGER KANAGURTA) DENGAN PENAMBAHAN REMPAH ANDALIMAN (ZANTHOXYLUM ACANTHOPODIUM, DC) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STANDARISASI RESEP SUMPIA ABON IKAN KEMBUNG (RASTRELLIGER KANAGURTA) DENGAN PENAMBAHAN REMPAH ANDALIMAN (ZANTHOXYLUM ACANTHOPODIUM, DC)


Pengarang

Irawati Fitriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104010001

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Irawati Fitriani. 2019. Standarisasi Resep Sumpia Abon Ikan Kembung (Rastrelliger Kanagurta) dengan Penambahan Rempah Andaliman (Zanthoxylum Acanthopodium, Dc.). Skripsi, Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Rahmi Kamal Ags, M.Pd., (2) Dra. Suryati Sufiat, M.Pd

Kata kunci : sumpia, abon, ikan kembung, rempah andaliman
Andaliman adalah salah satu tumbuhan yang tumbuh di kabupaten Aceh Tengah. Masyarakat biasa mengolah rempah andaliman menjadi bumbu masakkan, selain itu, rempah andaliman juga dapat dijadikan penambah rasa dan pengawet makanan. Tujuan penelitian (1) Menstandarisasikan resep sumpia abon ikan kembung dengan penambahan rempah andaliman (2) mengetahui daya terima sumpia abon ikan kembung dengan penambahan rempah andaliman dan (3) mengetahui daya simpan sumpia abon ikan kembung dengan penambahan rempah andaliman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji pengamatan yang dilakukan oleh 6 orang narasumber dan uji penerimaan yang diuji kepada 30 orang panelis konsumen. Data uji pengamatan dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata (mean) dari total yang diperoleh dari narasumber, uji penerimaan dianalisis dengan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur. Berdasarkan pengamatan oleh narasumber diketahui bahwa sumpia abon ikan kembung dengan penambahan rempah andaliman yang disukai adalah perlakuan kedua (A02) dari segi warna 23.5, aroma 23.5, rasa 24 dan tekstur 23.5. Hasil analisi penerimaan konsumen menunjukan bahwa sumpia abon ikan kembung dengan penambahan rempah andaliman yang disukai adalah perlakuan kedua (A02) dengan nilai rata-rata warna 4.2, aroma 4.1, rasa 4.4 dan tekstur 4.7. Kesimpulan dari penelitian ini, (1) Resep standar sumpia abon ikan kembung dengan penambahan rempah andaliman terdapat pada kode A02, (2) Sumpia yang disukai narasumber dan konsumen adalah perlakuan kedua (A02) baik dari segi warna, aroma, rasa dan tekstur, (3) daya simpan sumpia abon ikan kembung yang terbaik terdapat pada sumpia dengan kode A03 yaitu selama 12 hari. Hasil uji hipotesis pada produk sumpia bahwa H1 diterima karena adanya terjadi pengaruh terhadap warna, aroma, rasa dan tekstur setelah penambahan rempah andaliman berdasarkan hasil uji penerimaan oleh konsumen, dan H1 diterima Karena terjadi pengaruh masa simpan sumpia abon ikan kembung setelah penambahan rempah andaliman.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK