//

PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR PENDIDIKAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HANAFI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Aceh Selatan Nama : Hanafi NIM : 1301101010079 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/Ekonomi Pembangunan Dosen Pembimbing : Dr. T. Zulham, S.E., M.Si Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pengeluaran pemerintah sektor pendidikan terhadap indeks pembangunan manusia di Kabupaten Aceh Selatan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data yang digunakan merupakan data tahunan dari 2008 sampai tahun 2017. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran pemerintah sektor pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Aceh Selatan. Hasil pengolahan koefesien determinansi (R-squared) adalah 0.854359. Artinya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 85,43 persen, sedangkan sisanya 14,57 persen dijelaskan oleh variabel lain. Nilai p value t parsial adalah 0.0001 dimana < 0,05 sehingga menerima H1 (menolak H0). Pemerintah untuk kedepannya diharapkan dapat mengelola belanja pendidikan dengan efektif, agar dapat mendorong tingkat IPM menjadi lebih tinggi. Berdasarkan temuan ini diharapkan kepada penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti mengenai pengeluaran sektor kesehatan dan PDRB kepada IPM. Kata kunci: Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Indeks Pembangunan Manusia, IPM.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR KESEHATAN, PENDIDIKAN, DAN INFRASTRUKTUR TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI PROVINSI ACEH (Intan Safitri, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI NEGARA MISKIN ASIA DAN AFRIKA (Nurul Vildzah, 2016)

ANALISIS PENGARUH PENGARUH BELANJA PENDIDIKAN, BELANJA KESEHATAN, TINGKAT KEMISKINAN DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI PROVINSI ACEH (Muliza, 2017)

PENGARUH BELANJA PEMERINTAH BIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN DAN PERLINDUNGAN SOSIAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI INDONESIA (ANGGA SETIAWAN, 2020)

ANALISIS PENGARUH BELANJA PENDIDIKAN, BELANJA KESEHATAN, TINGKAT KEMISKINAN DAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI PROVINSI ACEH (Muliza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy