//

MODIFIKASI BUSANA PENGANTIN WANITA ACEH DENGAN APLIKASI PAYET

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PAMELA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pamela. 2019. Modifikasi Busana Pengantin Wanita Aceh Dengan Aplikasi Payet. Skripsi. Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ,Universitas Syiah Kuala. (1) Dra. Mukhirah, M.Pd (2) Dra. Fitriana, M.Si Kata Kunci : Modifikasi, Hiasan Motif, Sulam Payet Modifikasi merupakan upaya menambah, memadukan atau mengubah sesuatu yang lain dalam meningkatkan mutu kegunaan, serta menciptakan kreasi baru tanpa menghilangkan ciri khasnya. Proses bordiran motif pada busana pengantin Aceh pada umumnya dinilai cukup rumit, serta membutuhkan keahlian khusus untuk membordir hiasan motif pada busana pengantin Aceh. Seiring perkembangan mode busana banyak menggunakan hiasan dengan mengaplikasikan payet dengan berbagai macam teknik sulam payet. Maka dari itu peneliti bermaksud untuk memodifikasi menghias hiasan motif pada busana pengantin wanita Aceh dengan pengaplikasian sulam payet. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendesain motif busana pengantin wanita Aceh dengan aplikasi payet, membuat busana pengantin wanita Aceh dengan pengaplikasian sulam payet, mengetahui daya tarik busana pengantin Aceh dengan aplikasi payet. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen terapan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 10 orang perias pengantin di Kecamatan Darul Imarah. Teknik pengumpulan data ini adalah dengan teknik studi kepustakaan, dokumentasi, eksperimen terapan dan angket. Hasil analisis data, responden memberi tanggapan yang sangat baik terhadap pembuatan hiasan motif pada busana pengantin wanita Aceh dengan pengaplikasian sulaman payet. Beberapa pertanyaan yang diberi tanggapan diantaranya adalah tanggapan mengenai desain motif hiasan, penempatan hiasan motif, perpaduan warna payet, kerapian dalam sulaman payet, jenis bentuk payet, ketertarikan menyediakan busana pengantin wanita dengan aplikasi payet dan tanggapan bagaimana apabila busana pengantin wanita Aceh ini diproduksikan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembuatan busana pengantin Aceh dengan pengaplikasian sulaman payet pada hiasan motif khas Aceh. Perias pengantin tertarik dengan menyediakan busana pengantin Aceh ini. Disarankan kepada perias pengantin tetap mempertahankan dan tidak menghilangkan ciri khas busana pengantin adat Aceh dalam memodifikasinya tidak mengikuti trend saja.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAKAIAN BUSANA PENGANTIN ACEH MODIFIKASI DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Cut Ade Meriskha, 2016)

PERKEMBANGAN MODE BUSANA PERNIKAHAN GAYA BARAT BAGI PENGANTIN WANITA ACEH (Murniah, 2014)

MAKNA SIMBOLIK PADA BUSANA PENGANTIN TRADISIONAL PRIA DAN WANITA DALAM UPACARA ADAT PERKAWINAN DI DESA SUBULUSSALAM KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM (Dede Anggi Riana, 2014)

MODE BUSANA PERNIKAHAN ISLAMI YANG SESUAI DENGAN SYARIAT ISLAM DI BANDA ACEH (Cut Nadia Fhonna, 2018)

GAYA BUSANA PRE WEDDING POPULER DI KALANGAN CALON PENGANTIN ACEH (ZURRIYYATINA MEUTIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy