//

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD BUNGONG SEURUNE DESA TUNGKOB KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Desi Amalia Sari - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EARLY CHILDHOOD EDUCATION
LANGUAGE - EDUCATION
CREATIVE ACTIVITIES - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sari, Desi Amalia. 2019. Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran Di Paud Bungong Seurune Desa Tungkob Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Amsal Amri, M. Pd. (2) Dina Amalia, S.Psi., M.Sc. Kata Kunci : Kemampuan Bahasa, Metode Bermain Peran, Anak Usia Dini. Kemampuan bahasa merupakan salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Dengan berbahasa anak dapat berinteraksi dengan lingkungannya, mengungkapkan perasaan dan bercerita tentang apa yang ia rasakan. Idealnya pada usia 4-6 tahun anak sudah mampu menceritakan kembali cerita yang didengar, namun dilapangan masih terdapat anak-anak yang belum mampu menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan atau didengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak dengan menggunakan metode bermain peran di PAUD Bungong Seurune, Desa Tungkob, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 15 anak, terdiri atas 10 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perkembangan dalam kemampuan bahasa anak. Pada siklus I dari 15 orang anak yang memperoleh kriteria Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 6 anak dengan persentase 40%. Selanjutnya pada siklus II dari 15 orang anak yang mendapat kriteria Berkembang Sesuai Harapan sebanyak 3 anak dengan persentase 20%, dan Berkembang Sangat Baik sebanyak 12 anak dengan persentase 80%. Disimpulkan bahwa kemampuan bahasa anak berkembang melalui kegiatan bermain peran di PAUD Bungong Serurune Desa Tungkob Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA ANIMASI DI PAUD RAISHA BANDA ACEH (Yulia Nanda Dewi, 2020)

MANAJEMEN PENGAWAS DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI KOTA BANDA ACEH (NUR MUHAMMAD, 2013)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD AL-HIDAYAH MEUSARA AGUNG (Mardiana, 2018)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DI PAUD MADANI GAMPONG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Dika Yulia Sartika, 2018)

MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RAUDHATUL ATHFAL CUT NYAK DHIEN GAMPONG ACEH KABUPATEN ACEH TIMUR (CUT FITRAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy