//

PERAN ELIT DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS JOKOWI DI ACEH BARAT DAYA PADA PEMILU TAHUN 2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Yasal - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Berkaca dari pemilihan presiden (pilpres) tahun 2014, Calon Presiden Jokowi mengalami kekalahan dengan Calon Presiden Prabowo di Kabupaten Aceh Barat Daya. Kekalahan Jokowi hanya beda tipis dengan Prabowo. Menjelang pilpres tahun 2019, hipotesa elit Tim Koalisi Kabupaten Jokowi-Ma’ruf Aceh Barat Daya elektabilitas Jokowi naik di Aceh Barat Daya karena pengaruh banyaknya elit yang mendukung Jokowi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran elit dalam meningkatkan elektabilitas Jokowi di Aceh Barat Daya dan dampak peran elit terhadap meningkatnya elektabilitas Jokowi di Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dengan menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Dimana peneliti melakukan wawancara dengan elit setiap partai politik yang mendukung Capres Jokowi di Aceh Barat Daya, serta tokoh masyarakat yang paham dengan kondisi masyarakat di Aceh Barat Daya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa peran elit partai politik dan Bupati Aceh Barat Daya Akmal Ibrahim tidak mampu untuk meningkatkan elektabilitas Jokowi di Aceh Barat Daya, yang disebabkan oleh pengaruh isu negatif Jokowi anti islam, kriminalisasi ulama, isu anjloknya ekonomi pada masa kepemimpinan Jokowi, budaya masyarakat Aceh yang cenderung suka kepemimpinan baru, pengaruh figur nasional dan tidak maksimalnya elit dalam upaya meningkatkan elektabilitas Jokowi di Aceh Barat Daya. Oleh karena itu upaya yang dilakukan elit harus lebih signifikan dalam mensosialisasikan Jokowi, menepis isu negatif yang berkembang di masyarakat dan membuat pendekatan dengan banyak ulama yang berpengaruh serta meminta ulama untuk mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi. Selain itu semua elit partai politik pendukung Jokowi dan Bupati Akmal Ibrahim lebih serius dan solid dalam upaya meningkatkan elektabilitas Jokowi di Aceh Barat Daya. Kata kunci: Peran, Elit, Elektabilitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN SUPORTER KOETARAJA UNTUK LANTAK LAJU (SKULL) DALAM MEMPENGARUHI ELEKTABILITAS TEUKU IQBAL DJOHAN PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Syafri Agustia Noor, 2017)

PENGARUH UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM TERHADAP KEKHUSUSAN ACEH DALAM PELAKSANAAN PEMILU (TARMIZI, 2018)

MENURUNNYA ELEKTABILITAS PARTAI POLITIK LOKAL DI ACEH (STUDI ANALISIS PARTAI ACEH PADA PEMILIHAN LEGISLATIF DPRA 2019) (ABDULLAH, 2020)

PENINGKATAN ELEKTABILITAS PARTAI GERINDRA PADA PEMILU LEGISLATIF KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (Mujiburrahman , 2016)

HUBUNGAN ANTARA TERPAAN BERITA HOAX PADA KAMPANYE PEMILU 2019 TERHADAP KREDIBILITAS CALON PRESIDEN JOKOWI (AYU SRI REZEKI, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy