//

STRATEGI PEMASARAN PADA PEDAGANG MAKANAN KHAS ACEH DI LAMPISANG ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YEVA RAHMANIJAR - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL PRODUCTS - ECONOMICS
AGRICULTURAL MARKETING
VEGETABLES - GARDEN CROP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmanijar, Yeva. Strategi Pemasaran Pada Pedagang Makanan Khas Aceh di Lampisang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Musfiana, M.M (2) Zulfadhli, S.Pd., M.Pd., M.Si. Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Persaingan Banyaknya pedagang makanan khas Aceh di Lampisang Aceh Besar menimbulkan persaingan antar pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada pedagang makanan khas Aceh di Lampisang Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan 12 responden/pedagang. Penelitian ini berlokasi di Jl.Cut Nyak Dhien Lampisang, Aceh Besar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang makanan khas Aceh di Lampisang menggunakan strategi pemimpin pasar, strategi penantang pasar, dan strategi penceruk pasar, kemudian tidak ada satupun dari pedagang makanan khas Aceh di Lampisang yang menggunakan strategi pengikut pasar. Strategi pemimpin pasar yang digunakan pedagang adalah strategi mencari pemakai baru sebanyak 100%, strategi penggunaan lebih banyak sebanyak 91,66%, strategi melindungi pangsa pasar sebanyak 100%, strategi pertahanan posisi sebanyak 100%, dan strategi memperluas pangsa pasar sebanyak 91,66%. Selanjutnya strategi penantang pasar yang digunakan pedagang makanan khas Aceh di Lampisang adalah strategi menentukan lawan yang bersaing dengan perusahaan besar, perusahaan setara, maupun perusahaan kecil yang mencapai 66,66%, strategi serangan mengepung sebanyak 58%, dan tidak satupun dari pedagang makanan khas Aceh di Lampisang menggunakan strategi serangan gerilya. Selanjutnya strategi penceruk pasar yang digunakan pedagang adalah strategi spesialis geografis sebanyak 41,66%, strategi produk atau lini produk sebanyak 25%, strategi karakteristik produk 33,33%, strategi spesialis pesanan 8,33%, dan tidak ada pedagang yang menggunakan strategi spesialis harga/pesanan. Selanjutnya, strategi pemasaran yang dominan digunakan pedagang makanan khas Aceh di Lampisang Aceh Besar adalah strategi pemimpin pasar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMASARAN KENTANG DI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Maqfirah Van Tawar Niate, 2016)

STRATEGI PEMASARAN SYARIAH PEDAGANG PASAR GAMPONG BARU BANDA ACEH (MUHAMMAD FADHIL FURQAN, 2021)

ANALISIS KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN/KOTA PROVINSI ACEH (Raisa Fajri, 2018)

KOMPARASI EFISIENSI PEMASARAN SAYUR-SAYURAN DI DAERAH DATARAN TINGGI DAN DATARAN RENDAH (Ikramatul Fitria, 2016)

ANALISI STRATEGI PEMASARAN DAN KEUNTUNGAN TANAMAN EUPHORBBA MILLI PADA USAHA LILI GARDEN DI KECAMA TAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (AMALIA ANWAR, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy