KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL UJIAN NASIONAL BIDANG GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MTSN 2 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL UJIAN NASIONAL BIDANG GEOMETRI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MTSN 2 ACEH BESAR


Pengarang

NUHA FADHILAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103020050

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kemampuan siswa menyelesaikan soal UN terutama bidang geometri masih rendah. Siswa mengalami kesulitan disebabkan tidak menguasai konsep dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu siswa menguasai konsep geometri yaitu dengan menghadirkan pembelajaran yang mengaitkan materi dengan pengalaman siswa. Pendekatan CTL memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri melalui aktivitas dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal UN bidang geometri melalui pendekatan CTL dan untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran melalui pendekatan CTL pada materi geometri. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 yang beranggotakan 30 orang. Pendekatan penelitian yang dijalankan yaitu Mixed Methods tipe sequential exploratory yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desaign one shot case study dan disertai dengan pendekatan kualitatif. Data kemampuan siswa dikumpulkan dengan memberikan tes dan data aktivitas siswa dikumpulkan dengan observasi. Data kemampuan siswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-t pihak kanan. Sedangkan data aktivitas siswa dianalisis secara kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal UN bidang geometri melalui pendekatan CTL sudah mencapai ketuntasan dan aktivitas siswa melalui pendekatan CTL adalah aktif. Impilikasi penelitian ini yaitu guru perlu memperluas penerapan pendekatan CTL pada materi matematika lainnya untuk membantu siswa memahami konsep matematika dan melatih siswa menyelesaikan soal UN.
Kata kunci: Kemampuan Siswa, Ujian Nasional, Geometri, Contextual Teaching and Learning, Aktivitas Siswa

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK