//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMPN 1 KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURHAYATI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurhayati. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Metode Talking Stick dengan Metode Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Hasmunir, M.Si (2) Dr. Mirza Desfandi, S.Pd, M.Soc.Sc. Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, IPS terpadu, talking stick, snowball throwing Hasil pembelajaran sangat bergantung pada proses pembelajaran yang dilakukan. Salah satu usaha yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran adalah pemilihan metode yang tepat, artinya guru harus dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan situasi pembelajaran yang akan dilakukan. Terdapat berbagai macam metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar, berpikir kritis dan terlibat aktif, diantaranya yaitu metode Talking Stick dan Snowball Throwing Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan metode Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS Terpadu materi penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan metode Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Beasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh yaitu thitung = 2,76 dan ttabel = 1,68. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ha jika thitung > ttabel. Berdasarkan hasil pengolahan data maka diketahui thitung>ttabel, sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil belajar siswa yang menggunakan metode Talking Stick lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TEAM QUIZ MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 MUARA TIGA KABUPATEN PIDIE (ASWATUL HUSNA, 2020)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TALKING STICK DENGAN MODEL KOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Imansyah Harahap, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013 (lebe berkat, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DAN TALKING STICK DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Raudhatul Jannah, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (TI ASMAK, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy