//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI MAS DARUL IHSAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IKA ZUHRATUL KHAIRI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan memahami, menjelaskan, dan mengaplikasikan konsep matematika secara akurat dan efisien dalam memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan pada diri seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan berbagai proses. Kenyataannya siswa belum terlatih dengan baik dalam memecahkan masalah. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu model Discovery Learning. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Discovery Learning lebih baik dari siswa yang diajarkan tanpa melalui Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan; 2) tingkat ketuntasan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan; 3) tingkat ketuntasan hasil belajar siswa tanpa melalui model Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik kuantitatif dengan jenis True Experimental Design dengan Control Group Pre-test- Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI di MAS Darul Ihsan. Sampel penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas XI-C sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu Pre-test dan Post-test yang terdiri dari 5 soal essay. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model Discovery Learning lebih baik dari siswa yang diajarkan tanpa melalui model Discovery Learning pada materi statistika dikelas XI MAS Darul Ihsan; 2) Hasil belajar pemecahan masalah matematis siswa melalui model Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan sudah mencapai ketuntasan; 3) Hasil belajar pemecahan masalah matematis siswa tanpa melalui model Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan belum mencapai ketuntasan. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Discovery Learning, Hasil Belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTSS DARUL IHSAN ACEH BESAR (Ulima Dany, 2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA (NELLIANI, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy