HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMADUA, KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 2 SAMADUA, KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

AKHYUL RUQAIYAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406101040047

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK




Ruqaiyah, Akhyul. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kecerdasan Emosional Siswa dengan Hasil Belajar IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 2 Samadua, Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. M. Yusuf Harun, M.Pd. (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si.

Kata kunci: hubungan, pola asuh orang tua, kecerdasan emosional siswa, hasil belajar, IPS terpadu

Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa setelah mendapatkan pengalaman belajarnya, mencakup aspek kognitif atau pengetahuan, afektif atau sikap, dan psikomotorik atau keterampilan. Secara umum hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Dalam penelitian ini faktor internal yang dimaksud adalah kecerdasan emosional siswa dan faktor eksternal yang dimaksud adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini berjudul hubungan pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 2
Samadua, Kabupaten Aceh Selatan. Rumusan masalah yaitu apakah ada hubungan pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar IPS terpadu? Tujuannya untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 2 Samadua, Kabupaten Aceh Selatan. Hipotesisnya yaitu terdapat hubungan signifikan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri
2 Samadua, Kabupaten Aceh Selatan. Pendekatan dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini termasuk ke penelitian populasi. Sampelnya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Samadua, Kabupaten Aceh Selatan Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik korelasi ganda, diperoleh hasil koefisien korelasi (R2) = 0,44 pada kategori sedang dengan koefisien determinasi berganda (KD) = 19,36%. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 3,84 ? 3,30 yang artinya terima Ha. Simpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 2 Samadua, Kabupaten Aceh Selatan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK