//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 18 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRMA SURIYANI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL TESTS
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah yang muncul dalam kehidupan setiap manusia beragam dari berbagai bidang. Setiap permasalahan memerlukan strategi tersendiri untuk menemukan solusinya. Kemampuan pemecahan masalah dapat dipelajari melalui suatu proses pembelajaran. Satu diantara proses pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah adalah pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa selama pembelajaran matematika pada materi aritmetika sosial dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan di kelas VII3 SMPN 18 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Untuk memperoleh data penelitian diberikan perlakuan (treatment), tes pemecahan masalah, dan wawancara. Subjek penelitian diambil setelah dilakukan tes diakhir pertemuan, sehingga didapat 2 subjek berkemampuan sangat mampu, 2 subjek berkemampuan mampu, dan 2 subjek berkemampuan kurang mampu. Selanjutnya dilakukan wawancara terhadap enam subjek tersebut. Setelah seluruh data terkumpul maka data-data kualitatif dianalisis secara deskriptif, sedangkan data hasil tes dianalisis berdasarkan pedoman penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data, dan pembahasan ditemukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model problem based learning di SMPN 18 Banda Aceh sudah tergolong baik. Oleh karena itu, model ini bisa menjadi salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas. Kata Kunci: Pemecahan masalah, problem based learning

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 MONTASIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nova Miranda, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Laila Sari, 2019)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR (Jannati, 2016)

A DESCRIPTIVE STUDY ON TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 16 BANDA ACEH (Maulizan ZA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy