PENGEMBANGAN KERAMIK LANTAI BERBASIS ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN ABU SABUT KELAPA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN KERAMIK LANTAI BERBASIS ARANG TEMPURUNG KELAPA DAN ABU SABUT KELAPA


Pengarang

FARID MUCHLASIN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1508102010029

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

620.112 92

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
(


Telah dilakukan penelitian pengembangan keramik lantai berbasis arang tempurung kelapa dan abu sabut kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi arang tempurung kelapa dan abu sabut kelapa serta variasi temperatur sintering terhadap sifat fisis dan sifat mekanik keramik lantai. Dalam penelitian ini, arang tempurung kelapa dan abu sabut kelapa menjadi bahan pengisi (filler) serta tanah liat dan batu kapur menjadi bahan perekat untuk proses pembuatan keramik lantai, dengan komposisi arang tempurung kelapa:abu sabut kelapa (wt.%) yaitu 11:44, 15:40, 18:37 dan tanah liat:batu kapur (wt.%) yaitu 30:15 dengan ukuran partikel masing-masing 100 mesh. Sampel keramik lantai dicetak dengan tekanan 11 ton dan dipanaskan dengan variasi temperatur sintering yaitu 800oC, 900oC, dan 1000oC dengan waktu tahan selama tiga jam. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel komposit keramik lantai yang disintesis dari variasi komposisi arang tempurung kelapa:abu sabut kelapa dan variasi temperatur sintering mempengaruhi sifat fisis (densitas dan porositas) dan sifat mekanik (kekerasan) pada keramik lantai. Nilai rata-rata uji sifat fisis untuk densitas dan porositas berkisar 1,94-2,17 gram/cm3 dan 23,06-31,20% serta nilai rata-rata uji sifat mekanik untuk kekerasan berkisar 2.172,07-2.806,27 MPa. Dari hasil nilai yang diperoleh sampel komposit keramik lantai ini telah memenuhi karakteristik material keramik lantai.

Kata kunci : keramik lantai, arang tempurung kelapa, abu sabut kelapa, sifat fisis, sifat mekanik, densitas, porositas, kekerasan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK