KEANEKARAGAMAN SPESIES DAN TINGKAT DOMINANSI ECHINODERMATA BERDASARKAN KARAKTERISTIK SUBSTRAT DI PERAIRAN PANTAI PULAU NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KEANEKARAGAMAN SPESIES DAN TINGKAT DOMINANSI ECHINODERMATA BERDASARKAN KARAKTERISTIK SUBSTRAT DI PERAIRAN PANTAI PULAU NASI KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Rachel Sukma Fachlia - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103010005

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fachlia, Rachel S. 2019. Keanekaragaman Spesies dan Tingkat Dominansi Echinodermata Berdasarkan Karakteristik Substrat di Perairan Pulau Nasi Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Prof. Dr. M Ali ., M.Si., (2) Mimie Saputri, S.Pd., M.EEL.
Kata Kunci: Keanekaragaman, Dominansi, Echinodermata, Substrat, Pulau Nasi
Kelompok Echinodermata dapat hidup menempati berbagai macam substrat yang merupakan habitat mereka, seperti zona rataan terumbu, daerah pertumbuhan algae, padang lamun, koloni karang hidup, karang mati dan benting karang (rubbles dan boulders). Perbedaan substrat mengindikasikan ada perbedaan keanekaragaman dan tingkat dominansi Echinodermata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman spesies, tingkat dominansi dan menginformasikan ciri-ciri dari Echinodermata berdasarkan karakteristik substrat di perairan Pulau Nasi Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Data diperoleh melalui penggunaan metode survey dengan teknik purposive sampling. Terdapat 5 stasiun yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Pada setiap stasiun terdiri dari 6 plot dengan ukuran 2 m x 1 m (modifikasi transek). Analisis data menggunakan rumus Indeks Keanekaragaman Shannon Weaver dan rumus Indeks Dominansi Simpson. Rata-rata hasil Indeks Keanekaragaman spesies Echinodermata berdasarkan karakteristik substrat di perairan Pulau Nasi yaitu pada substrat pasir 0,29, substrat batu 0,77, dan substrat coral yaitu 0,26. Rata-rata Indeks Dominansi pada substrat coral adalah 0,28, substrat pasir 0,03, dan substrat batu yaitu 0.07. Ditemukan 15 spesies yang berasal dari 3 kelas yaitu Ophiuroidae, Holothuroidea, dan Echinoidea. Suhu udara berkisar 29-31°C, pH 8,11-8,26 dan salinitas berkisar antara 33-35 o/oo. Kesimpulan keanekaragaman spesies dan tingkat dominansi Echinodermata berdasarkan karakteristik substrat di perairan Pulau Nasi Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar yaitu rendah. Terdapat 2 spesies yang jarang ditemukan di perairan Aceh yaitu Paracentrotus lividus dan Ophiura leutkini.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK