PENGARUH MODEL PROJECT CITIZEN DALAM MENINGKATKAN LEARNING AND INNOVATION SKILLS SISWA DI SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PROJECT CITIZEN DALAM MENINGKATKAN LEARNING AND INNOVATION SKILLS SISWA DI SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH


Pengarang

IWAN FAJRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101010028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Fajri, Iwan. 2019. Pengaruh Model Project Citizen dalam Meningkatkan Learning and Innovation Skills Siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

1) Drs. Nasir Basyah, M.Si 2) Dr. Rusli Yusuf, M.Pd

Kata Kunci : Project Citizen, Learning and Innovation Skills

Penelitian ini berjudul: “Pengaruh Model Project Citizen dalam Meningkatkan Learning and Innovation Skills Siswa SMA N 10 Fajar Harapan Banda Aceh”. Perkembangan zaman yang sudah masuk abad 21 menuntut para siswa harus menguasai keterampilan yang dibutuhkan. Selama ini guru melakukan proses pembelajaran sangat sedikit yang berorientasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan belajar dan berinovasi lainya, sehingga siswa kurang dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. hal ini disebabkan karena guru terfokus menggunakan satu model pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Learning and Innovation skills siswa kelas eksperimen yang diberikan model project citizen dengan kelas kontrol yang mendapatkan model konvensional. (2) apakah ada pengaruh learning and innovation skills siswa kelas eksprimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan (1) Untuk mendeskripsikan Learning and Innovation Skills siswa kelas eksperimen diberi model project citizen dengan siswa kelas kontrol diberi model konvesional, (2) Untuk melihat hasil Pengaruh Learning and Innovation Skills siswa kelas eksperimen diberi model project citizen dengan siswa kelas kontrol diberi model konvesional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Terdapat Pengaruh terhadap peningkatan learning and innovation skills yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan model project citizet dengan siswa kelas kontrol yang hanya menggunakan model konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis peneilitian Quasi Experiment dengan pretest-postest non equivalent control group design.,sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sample random sampling. Instrumen yang digunakan adalag angket pengumpulan data menggunakan angket. teknik analisis data yang digunkan untuk pengujian hipotesis adalah dengan teknik analisi uji independent t-test (Uji-t). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan hasil bahwa (1) Deskripsi learning and innovation skills kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan dengan masing-masing 0,222 dan 0,062 sebelum dan sesudah perlakuan. (2) terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan model project citizen terhadap peningkatan learning and innovation skills siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh. Hal ini ditunjukan dari nilai Sig. (2-tailed) lebaih kecil dari < 0,05 yaitu sebesar 0,003 dengan skor mean pada kelas eksperimen sebesar 4,094 dan pada kelas kontrol sebesar 3,767. Berdsarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model project citizen dapat meningkatkan learning and innovation skills siswa SMA Negeri 10 Fajar Harapan Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK