//

STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MEDIATOR DALAM MENANGANI KASUS PERCERAIAN PADA MAHKAMAH SYAR'IYAH KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Husnul Hidayat - Personal Name
SubjectCOMMUNICATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Strategi Komunikasi Persuasif Mediator dalam Menangani Kasus Perceraian Pada Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh” ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif mediator dalam kasus perceraian di Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh dan kendala mediator dalam melakukan komunikasi persuasif pada kasus perceraian di Mahkamah Syar’iyah Kota Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian ini ialah hakim pada Mahkamah Syar’iah Kota Banda Aceh yang menjadi sebagai mediator dan pelaku cerai sebagai komunikan dalam penyelesaian kasus cerai. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi komunikasi utama yang dilakukan oleh Mahkamah Syariah Kota Banda Aceh sebagai mediator penanganan kasus perceraian gugat ialah memberikan layanan komunikasi dengan ramah dan bersahabat serta memberikan berbagai keterangan yang jelas serta dapat dipahami penggungat terkait apa yang dipersiapkan. Strategi komunikasi mediator lainnya berupa memberikan pemahaman para penggugat terhadap isi pesan komunikasi yang disampaikan. Stretegi komunikasi persuasif mediator juga dengan melibatkan berbagai lembaga pemerintah. Melakukan pendekatan komunikasi secara interpersonal serta komunikasi dengan mengadakan persidangan, memberikan informasi dampak negatif yang diakibatkan dari sebuah perceraian, baik dampak terhadap dunia maupun kehidupan kelak di akhirat. Hal ini dilakukan agar kedua belah pihak bisa kembali memperbaiki hubungan suami istrinya. Bentuk komunikasi seperti ini menunjukkan salah satu strategi yang ampuh dalam menguraingi jumlah perceraian di Kota Banda Aceh. Kendala proses mediasi melalui komunikasi persuasif dalam menangani kasus perceraian oleh mediator Mahkamah Syariah disebab-kan oleh beberapa faktor yaitu faktor budaya yang mempengaruhi karakter masyarakat sehingga akan terbentuk karakter yang keras dan karakter yang lembut. Faktor pendidikan hukum agama, dan juga pendidikan tentang hukum-hukum positif yang berlaku di Indonesia. Faktor lingkungan yakni orang-orang di sekitar para pihak yang sedang berperkara. Faktor orangtua yang memberikan pendapat atau masukan yang cenderung menyuruh anaknya untuk berpisah, akan sangat mempengaruhi tindakan yang diambil oleh anak dalam proses persidangan, dan faktor emosional yang melibatkan orang-orang yang memiliki tingkat emosional yang stabil akan sedikit mengurangi kesulitan dalam hal mendukung keberhasilan proses mediasi. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Persuasif, Mediator, Kasus Perceraian.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN ASAS MEMPERSULITRNTERJADINYA PERCERAIAN DI RNMAHKAMAH SYAR’IYAH BANDA ACEH (CUT HUSNA FAUZIVA, 2015)

PENGARUH FAKTOR SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT PERCERAIAN DI ACEH (AFZAL, 2020)

PELAKSANAAN MEDIASI DALAM PENYELESAIAN PERKARA PERCERAIAN (PENELITIAN DI MAHKAMAH SYAR’IYAH BANDA ACEH) (TEUKU RULLY, 2016)

TINJAUAN HUKUM TERHADAP CERAI GUGAT (STUDI KASUS DI WILAYAH HUKUM MAHKAMAH SYAR’IAH KOTA BANDA ACEH) (CUT THARI DITYA, 2020)

PENYELESAIAN PERKARA FARAID MELALUI MEDIASI (STUDI PENELITIAN DI MAHKAMAH SYAR’IYAH JANTHO) (SITI FAUZIANI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy