PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BLANGKEJEREN


Pengarang

Sari Aini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101040022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Aini, Sari. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media Gambar untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blangkejeren. Skripsi, Jurusan pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing:
(1) Drs. H. Syamsul Bardi, M.Si., (2) H. Daska Aziz, S.Pd, M.A.
Kata Kunci : penerapan, mind mapping, media gambar, hasil belajar, geografi.
Penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Blangkejeren. Rumusan masalah penelitian yaitu; apakah penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa; bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran geografi melalui penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa; bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dalam mata pelajaran geografi siswa; bagaimanakah respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dalam mata pelajaran geografi siswa; bagaimana respon siswa terhadap penerapan model mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Blangkejeren. Penelitian ini dilakukan di Kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Blangkejeren. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar pre-test dan pos-test, lembar aktivitas Guru dan Siswa, lembar pengamatan keterampilan guru dan angket respon siswa. populasi penelitian ini seluruh siswa SMA Negeri 1 Blangkejeren. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Blangkejeren yang berjumlah 32 orang.
Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa persentase ketuntasan individual meningkat dari 40% pada siklus I menjadi 75% pasa siklus II dan 93% pada siklus III. Persentase ketuntasan klasikal meningkat dari 18% pada siklus I menjadi 21% pada siklus II dan 28% pada siklus III. Keterampilan guru dalam melakukan kegiatan dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping, siklus I yaitu sebesar 2,56 kategori sedang, siklus II dengan nilai rata-rata 2,9 kategori baik, dan siklus III mendapat nilai rata-rata 3,54 kategori sangat baik. Siswa memberi respon sangat baik pada kegiatan dengan menggunakan model pembelajaran, sangat setuju yaitu 93% setuju dan 6% tidak setuju. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi Kelas XI IS-1 SMA Negeri 1 Blangkejeren.?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK