EVALUASI TINGKAT KECEMASAN ATLET KARATE PRA PON ACEH PADA TAHUN 2019 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

EVALUASI TINGKAT KECEMASAN ATLET KARATE PRA PON ACEH PADA TAHUN 2019


Pengarang

MUHAMMAD IQRAM - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104020052

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Iqram Muhammad 2019. Evaluasi Tingkat Kecemasan Atlet Karate Pra PON Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Sukardi Putra, M. Kes. (2) Ifwandi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kecemasan, Karate
Karate merupakan olahraga beladiri yang berasal dari jepang yang menggunakan tangan dan kaki sebagai alat untuk melepaskan pukulan, tendangan dan tangkisan. Banyak aspek yang harus dikuasai oleh atlet karate dari segi fisik, teknik, taktik dan mental. Perlunya memahami psikologi tingkat kecemasan atlet pada cabang olahraga karate, dampak yang ditimbulkan akibat atlet tidak dapat mengontrol kecemasanya maka dapat menggangu keterampilan dari atlet. Apabila atlet terlalu cemas maka diperlukan latihan mental atlet terutama pada kecemasan atlet. Dari permasalahan ini membuat atlet karate mengalami berbagai kondisi, salah satunya tingkat kecemasan atlet saat latihan maupun pasa saat bertanding. Penelitian ini bertujuan untuk Mengukur tingkat kecemasan atlet karate Pra PON Aceh.
Pendekatan yang peneliti gunakan ialah kuantitatif yang bersifat dekriftif. Populasi dalam penelitian adalah Atlet Karate Pra PON Aceh berjumlah 15 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi, mengingat jumlah populasi tidak terlalu besar maka peneliti mengambil seluruh populasi menjadi sampel penelitian (total sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang terdiri dari 15 soal pertanyaan dalam bentuk skala likert dengan pilihan jawabanya terdiri dari sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS) dan sangat tidak setuju (STS). Analisis data menggunakan rumus distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecemasan atlet karate Pra PON Aceh dengan rata-rata sebesar 26,6 berada pada kategori Tingkat Kecemasan Tinggi dengan rincian sebagai berikut: (1) sebanyak 3 orang (20%) berada pada kategori tingkat kecemasan rata-rata, (2) sebanyak 12 orang (80%) berada pada kategori tingkat kecemasan tinggi.
Simpulan penelitian ini adalah tingkat kecemasan atlet karate Pra PON Aceh tergolong dalam kategori tingkat kecemasan tinggi. Hal tersebut sangat perlu diperhatikan oleh pelatih dan pembina karate khususnya atlet karate Pra PON Aceh untuk dapat meminimalisir kecemasannya baik saat latihan maupun saat pertandingan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK