//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ZAT ADITIF MAKANAN BERKAITAN DENGAN KESEHATAN TERHADAP SIKAP KOGNITIF DAN AKTIVITAS SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Annie Kusharyanti - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Annie Kusharyanti, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Zat Aditif Makanan Berkaitan Dengan Kesehatan Terhadap Sikap Kognitif dan Aktivitas Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh Kota Banda Aceh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan sikap siswa serta aktivitas guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen dimana dari jumlah populasi 5 kelas, diambil satu kelas sampel dengan melakukan random sampling sehingga diperoleh kelas VIII-1 sebagai kelas sampel yang berjumlah 30 siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan sikap siswa adalah dengan menggunakan analisa gain, perbedaan hasil belajar kognitif dengan uji t, sedangkan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dengan rumus persentase. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh hasil dengan melihat nilai pre test dan post test sikap, kognitif dan persentase aktivitas guru dan siswa. Pada aspek sikap siswa terjadi peningkatan dengan total nilai pre test yang diperoleh oleh siswa, diketahui bahwa siswa mendapat nilai pre test 61% dan rata-rata nilai post test 83 % serta nilai gain sebesar 56 %. Pada hasil belajar kognitif adanya perbedaan signifikan hasil belajar kognitif antar pretest dan postest dengan thitung = 5,47 dan ttabel = 1,69. Aktivitas guru dan siswa yang diamati selama pembelajaran berlangsung, menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas guru dengan persentase 83,3%, 87,5% dan 98,5% dan peningkatan aktivitas siswa dengan persentase 92,6%, 95,3% dan 97,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi zat aditif makanan berkaitan dengan kesehatan, terjadi peningkatan sikap siswa, kognitif dan peningkatan aktivitas guru dan siswa. Kata kunci : Pembelajaran berbasis masalah, zat aditif, kognitif, sikap, aktivitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-3 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (IRFANDI RAHMAT, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) PADA PEMBELAJARAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII MTSN RUKOH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Cut Ida Fitria, 2015)

PENGEMBANGAN MEDIA CERPEN DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI ZAT ADITIF PADA MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTSN RUKOH (Astina Ria, 2016)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC) PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII MTSN RUKOH (Sri Aulia, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy