//

ALAT PENYIRAM OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) MENGGUNAKAN APLIKASI VIRTUINO PADA KANGKUNG DARAT (IPOMOEA REPTANS P.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Rizky Iskandar - Personal Name
SubjectINTERNET
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Mutia Rizky Iskandar. 1505106010001. Alat Penyiram Otomatis Berbasis Internet of Things (IoT) Menggunakan Aplikasi Virtuino pada Kangkung Darat (Ipomoea reptans P.) di bawah bimbingan Indera Sakti Nasution sebagai Ketua dan Dewi Sri Jayanti sebagai Anggota ¬ RINGKASAN Saat ini dunia telah memasuki era revolusi Industri 4.0, hal ini ditandai dengan adanya penggunaan mesin-mesin otomatis yang terpadu dengan jaringan internet dan teknologi cyber. Sektor pertanian juga perlu beradaptasi pada era revolusi Industri 4.0 untuk menjawab tantangan ke depan, seperti pengolahan lahan, tanam, panen hingga pengolahan dapat dilakukan dengan menggunakan remote control dan di-monitoring darimana saja. Bukan hanya pada sektor pertanian saja, melainkan bagi masyarakat yang memiliki hobi bercocok tanam namun tidak memiliki waktu yang luang untuk merawat tanamannya, maka dapat bercocok tanam di dalam greenhouse mini. Penelitian ini mengacu kepada perawatan tanaman yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa menyita banyak waktu dengan menggunakan smartphone yang terintegrasi dengan internet. Smartphone tersebut telah di-install aplikasi khusus untuk mengendalikan atau memantau keadaan pada tanaman. Salah satu aplikasi yang digunakan untuk komunikasi antara mikrokontroler dan smartphone yaitu aplikasi Virtuino yang berbasis Internet of Things (IoT). Tujuan penelitian ini adalah menguji prototype alat penyiram otomatis berbasis Internet of Things menggunakan aplikasi Virtuino pada tanaman kangkung darat (Ipomoea reptans P.). Penelitian ini dimulai dengan melakukan perancangan desain prototype greenhouse, setelah itu dilanjutkan dengan pembuatan prototype greenhouse. Perancangan sistem hardware dan software juga dipersiapkan agar dapat dilakukan pengujian sistem. Pengujian sistem dilakukan untuk mengetahui sistem di dalam prototype greenhouse telah berjalan dengan baik atau tidak. Setelah itu, dilakukan kalibrasi sensor dengan cara membandingkan akurasi sensor dengan alat ukur standar dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keakurasian dari sensor dengan alat ukur standar. Pengamatan dilakukan pada 18 sampel bibit tanaman kangkung darat (Ipomoea reptans P.) selama 7 hari. Hasil dari penelitian ini adalah sistem alat penyiram otomatis di dalam prorotype greenhouse dapat berjalan dengan baik sesuai fungsinya yaitu mendeteksi suhu, kelembaban udara, intensitas cahaya, dan kelembaban tanah serta mampu melakukan penyiraman sesuai dengan tingkat kelembaban tanah yang diinginkan. Tingkat akurasi rata-rata pada sensor kelembaban tanah sebesar 98,29 %, sensor kelembaban udara 97,77 %, sensor suhu sebesar 99,53 %, dan sensor intensitas cahaya sebesar 93,75 %. Alat penyiram otomatis berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan aplikasi Virtuino pada kangkung darat (Ipomoea reptans P.) telah berhasil dilakukan sesuai dengan data sensor yang dikirimkan ke ThingSpeak. Pengamatan kangkung pada fase pembibitan dapat tumbuh dengan baik di dalam prototype greenhouse.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FITOREMEDIASI LIMBAH MERKURI MENGGUNAKAN KANGKUNG DARAT (IPOMOEA REPTANS POIR.) (Nita Tauhida, 2017)

ANALISIS KADAR LOGAM TIMBAL (PB) DAN KADMIUM (CD) PADA TANAMAN KANGKUNG (IPOMOEA AQUATICA) MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI SERAPAN ATOM (SSA) SERAPAN ATOM (SSA) (NURUL FAJRIAH, 2017)

APLIKASI MOBILE ANDROID UNTUK PEMANTAUAN DAN PENGENDALIAN PETERNAKAN AYAM BROILER (Putra Nasri Syawaldi, 2019)

DESAIN SISTEM INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK PEMANTAUAN DAN PREDIKSI GEJALA SERANGAN JANTUNG (Heri Arya Supriyatna, 2019)

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET OF THING (IOT) LAMPU PINTAR BERBASIS NODEMCU DENGAN APLIKASI TELEGRAM (ILHAM KHAIRUL BAWADI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy