//

PENGARUH MANUVER PARKIR KENDARAAN PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA LALU LINTAS (Studi Kasus Jalan T. Panglima Nyak Makam Lampineung Kota Banda Aceh)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ardilla ulfah - Personal Name
SubjectPARKING TURNOUTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kebutuhan lahan parkir saat ini berbanding terbalik dengan lahan parkir yang tersedia, sehingga menyebabkan timbulnya parkir kendaraan pada badan jalan (on street parking). Salah satu ruas jalan di Kota Banda Aceh yang badan jalan digunakan untuk parkir kendaraan adalah Jalan Panglima Nyak Makam. Pada jalan ini terdapat beberapa warung kopi yang sangat ramai. Kendaraan yang melewati ruas jalan ini mengalami pengurangan kecepatan, dan memperburuk kondisi jalan sehingga menimbulkan antrian kendaraan. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manuver kendaraan saat keluar masuk parkir pada badan jalan terhadap kinerja jalan lalu lintas dan model hubungan antara volume, kecepatan dan kepadatan pada ruas jalan tersebut. Dalam menentukan model hubungan antara tiga variabel yaitu volume, kecepatan dan kepadatan digunakan model Greenshields sebagai model terbaik dengan nilai determinasi tertinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dilihat kapasitas untuk arah utara adalah 2804 smp/jam, tetapi setelah ada kegiatan parkir yang menggunakan sebagian badan jalan kapasitasnya turun menjadi 1925 smp/jam atau 31%. Untuk ruas jalan arah ke selatan, kapasitas sesungguhnya adalah 2756 smp/jam, setelah adanya kegiatan parkir kapasitasnya menjadi 1929 smp/jam atau menurun sebesar 30%. Nilai derajat kejenuhan tingkat pelayanan jalan pada Jalan Panglima Nyak Makam untuk kondisi tak ada parkir pada arah utara dan selatan menunjukkan pada tingkat pelayanan A sedangkan untuk kondisi ada parkir menunjukkan pada tingkat pelayanan B. Tingkat pelayanan berdasarkan kecepatan rata-rata arah utara dan selatan pada lajur tengah kondisi non manuver menunjukkan tingkat pelayanan B, sedangkan pada lajur kanan menunujukkan tingkat pelayanan A. Kondisi manuver in dan manuver out pada lajur tengah dan lajur kanan menunjukkan tingkat pelayanan C.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS OFF STREET PARKING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM (STUDI KASUS STA 1 + 440 – STA 1 + 740 MENUJU ARAH SIMPANG BPKP) (Desky Aulia Pratama, 2021)

ANALISIS OFF STREET PARKING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM (STUDI KASUS 0 + 000 – 0 + 300 MENUJU ARAH JALAN T. NYAK ARIEF) (Fauzan Yusra Siregar, 2020)

ANALISIS E-PARKING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM (STUDI KASUS STA 0+ 450 – STA 0 + 570 ARAH MENUJU KANTOR GUBERNUR) (RIJALUL IKHSAN, 2021)

PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS DI JALAN DIPONEGORO PASAR ACEH (DARA AULIA ULFA, 2018)

TINJAUAN KAPASITAS PARKIR RODA EMPAT DI LOKASI ELEKTRONIK PARKING (E-PARKING) DI JALAN T. NYAK MAKAM KOTA BANDA ACEH (Ryky Junanda, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy