//

PENGARUH INJEKSI GENTAMISIN TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang diana sari - Personal Name
SubjectKIDNEY DISEASES - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Gentamisin merupakan golongan antibiotik aminoglikosida yang banyak digunakan untuk infeksi berat yang disebabkan oleh bakteri gram negatif. Nefrotoksisitas merupakan keterbatasan utama dalam penggunaan obat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh injeksi gentamisin terhadap gambaran histopatologi ginjal tikus putih (Rattus norvegicus). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan hewan coba tikus putih jantan (Rattus norvegicus) sebanyak 25 ekor yang dibagi ke dalam 5 kelompok yaitu 1 kelompok kontrol dan 4 kelompok perlakuan. Masing-masing kelompok perlakuan diinjeksikan gentamisin dengan dosis 25 mg/kgbb/hari, 50 mg/kgbb/hari, 75 mg/kgbb/hari, dan 100 mg/kgbb/hari secara intramuskular selama 5 hari. Sediaan histopatologi diwarnai dengan Hematoksilin Eosin (HE) dan dilakukan penghitungan jumlah nekrosis sel tubulus ginjal. Data dianalisis dengan menggunakan metode ANAVA dan dilanjutkan dengan uji jarak ganda Duncan. Hasil penelitian didapatkan bahwa pemberian injeksi gentamisin memberikan pengaruh yang nyata terhadap perubahan gambaran histopatologi ginjal (P

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) SETELAH IMPLAN WIRE MATERIAL LOGAM (Tridian Novia Gelis, 2020)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Adriani. H, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN MINYAK JELANTAH (WASTE COOKING OIL) TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS (RATTUS NORVEGICUS) (Wardiati S, 2015)

HISTOPATOLOGI GINJAL TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) YANG DIINJEKSI FORMALIN (Al Munawati, 2017)

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN NIMBA (AZADIRACHTA INDICA A.JUSS) TERHADAP HISTOPATOLOGI TUBULUS SEMINIFERUS TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) (Dewi Ardiyanti Dalimunthe, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy