//

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUKRNMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF RNDAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jumiati - Personal Name
SubjectSTUDY METHOD OF
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jumiati (2013). Implementasi Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Matematis Siswa SMP Kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa perlu ditingkatkan demi tercapainya tujuan pembelajaran matematika. Tetapi pembelajaran matematika disekolah yang dilakukan guru selama ini pada umumnya kurang mengembangkan kemampuan tersebut. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis yaitu dengan menerapkan pendekatan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis pada siswa yang belajar dengan pendekatan pemecahan masalah dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Peusangan Selatan yang terdiri atas tiga kelas dengan jumlah siswa 65 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari tiga kelas yang tersedia yaitu diambil dua kelas (kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-3 sebagai kelas kontrol). Instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis, lembar obsevasi, dan angket skala sikap. Pengujian statistik menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan kemampuan siswa yang sebelumnya diuji normalitas dan homogenitas pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional; 2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik dibanding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional; 3) berdasarkan angket skala sikap siswa, siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan pemecahan masalah. Pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa SMP. Pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan, kemampuan berpikir kreatif, dan penalaran matematis siswa. Kata kunci: pendekatan pemecahan masalah, berpikir kreatif, dan kemampuan penalaran matematis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCES (IDAWANI, 2020)

KEMAMPUAN BEPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Hasanul Basri, 2019)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Zulfiati, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy