//

SKRINING BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PENGHASIL SENYAWA ANTIBAKTERI DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (THPS) SUMATERA UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Raudhatul Jannah - Personal Name
SubjectLACTIC ACID BACTERIA
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

SKRINING BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PENGHASIL SENYAWA ANTIBAKTERI DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (Pongo abelii) DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (THPS) SUMATERA UTARA ABSTRAK Orangutan Sumatera merupakan hewan endemik dari pulau Sumatera yang kini mulai menurun populasinya. Penurunan jumlah orangutan disebabkan karena infeksi saluran pencernaan, sehingga menimbulkan kematian. Infeksi saluran pencernaan dapat terjadi karena gangguan keseimbangan mikroflora saluran pencernaan. Bakteri asam laktat (BAL) merupakan kelompok bakteri probiotik yang mampu menyeimbangkan mikroflora saluran pencernaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah BAL dan BAL penghasil senyawa antibakteri (log 10 CFU/ml) yang terdapat di dalam feses orangutan sumatera (P. abelii). Sampel yang digunakan adalah feses pagi dan feses sore pada orangutan sumatera (P. abelii) di Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan Metode Total Plate Count (TPC) untuk menghitung jumlah BAL, modifikasi Metode difusi agar untuk menentukan BAL penghasil senyawa antibakteri dan karakterisasi koloni BAL. Analisis data menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan jumlah BAL dan jumlah BAL penghasil senyawa antibakteri tidak berbeda nyata (P>0,05) antara feses pagi OS1 (7,09) (3,77), OS2 (7,34) (5,16), OS3 (6,65) (3,53) dan feses sore OS1 (6,90) (3,43), OS2 (7,18) (3,60), OS3 (6,50) (3,33). Berdasarkan konfirmasi uji aktivitas antibakteri terhadap bakteri indikator E. coli dan B.subtilis diperoleh 18 koloni BAL. Berdasarkan hasil skrining dapat disimpulkan bahwa BAL yang diisolasi dari feses orangutan sumatera menghasilkan senyawa antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri indikator. Penghasil antibakteri yang berhasil diisolasi ada 18 isolat. Kata kunci: Bakteri asam laktat, antibakteri, orangutan sumatera.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN KARAKTERISASI DNA MITOKONDRIA (MTDNA) PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (THPS) SUMATERA UTARA (Anna Fitriani, 2019)

ANALISIS HOMOLOGI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) BERDASARKAN GEN 16S RRNA (NURJANNAH PANJAITAN, 2016)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PATOGEN PADA ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BINATANG KINANTAN BUKITTINGGI (ORYONA ROMADHON, 2015)

DETEKSI PROTEIN DALAM URIN ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) MENGGUNAKAN STRIPTEST SEMIKUANTITATIF DI TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR (Cut Shavrina Devinta Fauzi, 2016)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BIANATANG KASANG KULIM BANGKINANG RIAU ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES ORANGUTAN SUMATERA (PONGO ABELII) DI KEBUN BIANATANG KASANG KULIM BANGKINANG RIAU (LISA SYA BANIAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy