//

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ENERGI PANAS DAN BUNYI DI KELAS IV SD NEGERI BUENGCALA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitriani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Eksperimen untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa pada Pembelajaran Energi Panas dan Bunyi di Kelas IV SD Negeri Buengcala Aceh Besar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode eksperimen dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran energi panas dan bunyi di kelas IV SD Negeri Buengcala Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran energi panas dan bunyi di kelas IV SD Negeri Buengcala Aceh Besar dengan penerapan metode eksperimen. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Buengcala Aceh Besar sebanyak 24 orang siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran energi panas dan bunyi di kelas IV SD Negeri Buengcala Aceh Besar dapat mencapai ketuntasan belajar siswa. Pada postest siswa yang tuntas belajarnya mencapai 23 siswa (95,83%) dan 1 siswa (4,16%) tidak tuntas. Nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 84,79 nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 100 dan nilai terendah 60. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh harga thitung = 11,23 sedangkan harga ttabel pada taraf nyata = 0,05 = 1,71. Berdasarkan hasil analisis tersebut, terlihat bahwa harga thitung lebih besar dari pada ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode eksperimen pada pembelajaran energi panas dan bunyi di kelas IV SD Negeri Buengcala Aceh Besar dapat mencapai ketuntasan belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DI KELAS IV SDN 5 BANDA ACEH (siti murah, 2013)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH SISWA KELAS IV SDN 12 BANDA ACEH (Nabitah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADARN MATERI ENERGI BUNYI DI KELAS IV SDN 12RNSIMPANG MAMPLAM BIREUEN (fitriani, 2014)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI BUNYI DENGAN PENDEKATAN CTL DI KELAS IV SD NEGERI 2 LAMBHEU KABUPATEN ACEH BESAR (siti maisarah, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI BUENGCALA ACEH BESAR (ASNIYATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy