//

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF CHEMANAL BERBASIS MICROSOFT EXCEL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT NURHALISA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : chemanal berbasis microsoft excel, media interaktif, pembelajaran Salah satu materi kimia yang dipelajari oleh peserta didik kelas XI SMA pada kurikulum 2013 adalah materi larutan penyangga. Materi larutan penyangga secara umum dianggap sulit oleh peserta didik, didasarkan oleh rendahnya perolehan nilai peserta didik pada materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan media interaktif chemanal berbasis microsoft excel terhadap hasil belajar peserta didik dan mendeskrispsikan tanggapan peserta didik dan guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI yang terdiri dari 8 kelas pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil secara acak yaitu kelas XI IA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan pemberian angket. Penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah (1) t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,53 >1,99 pada taraf signifikan 5%. Sehingga hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak (2) Persentase ketuntasan peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 91,18 % dan 29,41%; (3) Tanggapan peserta didik dan guru terhadap media interaktif chemanal berbasis microsoft excel pada materi larutan penyangga dengan persentase masing-masing adalah 81,00% dan 93,75%. Berdasar hasil penelitian maka dapat disimpulkan (1) Terdapat pengaruh penggunaan media interaktif chemanal berbasis microsoft excel terhadap hasil belajar; (2) Hasil belajar kelas eksperimen tuntas secara klasikal sedangkan hasil belajar kelas kontrol tidak tuntas secara klasikal; (3) Peserta didik dan guru memberikan tanggapan positif terhadap media interaktif chemanal berbasis microsoft excel.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASISRNKOMPUTER DENGAN MICROSOFT EXCEL PADA MATERIRNPENYETARAAN REAKSI KIMIA (Aja Ainon Mardhiah, 2015)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHINGPADA MATERI LARUTAN PENYANGGADI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Gita Annisa Desiana, 2017)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ISPRING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA (HAYATUN NUFUS, 2018)

PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS SETS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (CUT RISKI, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy