//

JARIMAH PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK DAN PENERAPAN ‘UQUBATNYA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM MAHKAMAH SYAR’IYAH TAPAKTUAN)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hilmawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hilmawati, Jarimah Pemerkosaan Terhadap Anak dan Penerapan 2019 ‘Uqubatnya (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Mahkamah Syar’iyah Tapakuan) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala. (vi,61).,pp.,bibl.,tabl.,app. Ainal Hadi, S.H., M.Hum. Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 50 tentang Hukum Jinayat, mengancam setiap orang yang dengan sengaja melakukan Jarimah pemerkosaan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 48 terhadap anak dengan ‘Uqubat Ta’zir cambuk paling sedikit 150 (seratus lima puluh) kali, paling banyak 200 (dua ratus) kali atau denda paling sedikit 1.500 (seribu lima ratus) gram emas murni, paling banyak 2.000 (dua ribu) gram emas murni atau penjara paling singkat 150 (seratus lima puluh) bulan, paling lama 200 (dua ratus) bulan. Namun jarimah pemerkosaan masih terjadi, masih terdapat perbedaan dalam pemilihan jenis ‘uqubat yang dijatuhkan terhadap pelaku, serta dampak buruk yang disebabkan oleh tindak pemerkosaan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan faktor penyebab jarimah pemerkosaan terhadap anak, pertimbangan hakim dalam memilih ‘uqubat yang akan diterapkan terhadap pelaku pemerkosaan terhadap anak, serta untuk menjelaskan dampak yang diakibatkan oleh jarimah pemerkosaan terhadap anak. Metode penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. Analisis permasalahan dilakukan dengan mengolah data sekunder yaitu bahan-bahan hukum yang diperoleh dengan mempelajari serta menelaah teori-teori, buku-buku, jurnal-jurnal, literatur-literatur hukum serta perundang-undangan (library research) dengan data primer yang diperoleh dari lapangan (field research) dengan proses mewawancarai secara langsung kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab jarimah pemerkosaan terhadap anak, yaitu karena faktor penyalahgunaan media elektronik dan internet, kelainan seksual, hawa nafsu yang tak terkendali, adanya kesempatan, kurangnya pemahaman agama, traumatic psikis masa lalu yang dimiliki oleh pelaku dan faktor tingkat pendidikan yang rendah. Lalu terkait pertimbangan pemilihan hukuman yang akan dijatuhi oleh hakim, dilihat dari beberapa tinjauan seperti: dasar peraturan perundang-undangan, dakwaan penuntut umum, berat ringan suatu jarimah yang dilakukan oleh terdakwa dan latar belakang terdakwa seperti: umur dan kondisi kesehatan terdakwa. Serta dampak pemerkosaan terhadap anak yaitu: anak mengalami banyak tekanan, mengalami perubahan hidup, bahkan menyebabkan trauma berat. Disarankan kepada pemerintah agar dapat membuat peraturan khusus perlindungan terhadap anak sebagai korban pemerkosaan dalam Qanun Aceh, serta melakukan berbagai sosialisasi terkait pencegahan terjadinya pemerkosaan terhadap anak, dalam rangka melindungi dan menjauhi anak-anak dari tindak pidana pemerkosaan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

JARIMAH PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK DAN PENERAPAN ‘UQUBATNYA (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM MAHKAMAH SYAR’IYAH TAPAKTUAN) (Hilmawati, 2019)

PELAKSANAAN PUTUSAN JARIMAH MAISIR MENURUT QANUN NOMOR 7 TAHUN 2013 TENTANG HUKUM ACARA JINAYAT (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM MAHKAMAH SYAR'IYAH JANTHO) (Muhammad Fadhil, 2017)

STUD KASUS PUTUSAN MAHKAMAH SYAR'IYAH BANDA ACEH NOMOR 0200/PDT.G/2015/MS-BNA TENTANG HAK ASUH ANAK OLEH AYAH SETELAH PERCERAIAN (SAIFUL RAHMAN, 2018)

KARAKTERISTIK PERKARA JINAYAT DALAM KAITANNYA DENGAN KEBIJAKAN KRIMINAL (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM MAHKAMAH SYAR’IYAH BLANGKEJEREN) (Syurman Syahputra, 2019)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN PEMERKOSAAN DALAM PUTUSAN MAHKAMAH SYAR’IYAH MEULABOH (Nila Janiati, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy