//

KEMAMPUAN MAHASISWA CALON GURU MENERAPKAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENILAI HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hifzi Meutia - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL - PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pascasarjana
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hifzi Meutia (2013). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menerapkan Penilaian Kinerja untuk Menilai Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Penilaian kinerja merupakan salah satu bentuk penilaian alternatif yang tidak hanya menilai hasil akhir namun juga menilai proses dan keterampilan siswa dalam menyelesaikan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa calon guru dalam membuat dan menggunakan rubrik untuk menilai kinerja siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian adalah empat orang mahasiswa calon guru yang sedang mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan akan melakukan penelitian yang terkait dengan penggunakan rubrik penilaian di SMP T. Nyak Arief Fatih Billingual School. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan dua rubrik yaitu untuk menilai kemampuan mahasiswa calon guru membuat dan menggunakan rubrik. Hasil penelitian ini adalah: 1) kemampuan mahasiswa calon guru dalam membuat rubrik penilaian untuk pertemuan pertama yaitu keempat subjek penelitian memiliki tingkat kemampuan baik, selanjutnya untuk pertemuan kedua subjek A memiliki tingkat kemampuan sangat baik, subjek B dan subjek D memiliki tingkat kemampuan baik, dan subjek C memiliki tingkat kemampuan cukup baik. 2) kemampuan mahasiswa calon guru dalam menggunakan rubrik penilaian untuk pertemuan pertama yaitu subjek A, subjek C, dan subjek D masing-masing memiliki tingkat kemampuan sangat baik, sedangkan subjek B memiliki tingkat kemampuan baik, selanjutnya untuk pertemuan kedua keempat subjek penelitian memiliki tingkat kemampuan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mahasiswa calon guru dalam membuat rubrik untuk menilai kinerja siswa berada pada tingkat baik sedangkan untuk kemampuan dalam menggunakan rubrik untuk menilai kinerja siswa berada pada tingkat sangat baik. Diharapkan peneliti di masa yang akan datang melakukan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada mahasiswa calon guru untuk mengembangkan kemampuan dalam membuat rubrik penilaian. Kata kunci: Penilaian kinerja, rubrik penilaian, mahasiswa calon guru, kemampuan membuat dan menggunakan rubrik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)RNDI KELAS VII SMPN 6 R-SBI BANDA ACEH (OLISNAWATI, 2015)

ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALJABAR (Fauza Usni, 2016)

PENERAPAN PENILAIAN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (devi suwarni, 2015)

NOTICING MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSYIAH PADA MATERI OPERASI ALJABAR (Desy, 2017)

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ILOILO SCIENCE AND TECHNOLOGY UNIVERSITY LABORATORIUM SCHOOL PHILIPPINES (IKA DHIAN LESTARI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy