//

PENGARUH KONSENTRASI ZEOLIT TERHADAP KINERJA MEMBRAN ADSORPSI POLIURETAN BERBASIS LUMUT PERAIRAN TAMBAK DAN METILEN-4,4'-DIFENIL DIISOSIANAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIA ELVITIANA - Personal Name
SubjectABSORPTION - CHEMICAL ENGINEERING
IONS - CHEMICHAL ENGINEERING
ZEOLITE - MINERALOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Membran poliuretan (PU) telah dibuat dari lumut perairan tambak (Chaetomorpha linum) dengan metilen-4,4’-difenil diisosianat (MDI) dan ditambahkan 0,01 gram zeolit sebagai bahan pengisi (filler) untuk meningkatkan kinerja membran. Membran ini diaplikasikan untuk penyerapan senyawa pencemar berupa amonia yang berada di perairan tambak menggunakan metode Nessler. Hasil penelitian menunjukkan waktu kontak optimum yang diperoleh dari adsorpsi amonia menggunakan membran PU yang ditambahkan filler zeolit (PU-zeolit) adalah 60 menit dengan penyerapan tertinggi di pH 7. Model isoterm mengikuti isoterm Langmuir dengan nilai R2 = 0,9708. Nilai fluks dan persen rejeksi yang diperoleh adalah sebesar 81,01 L/m2 jam dan 45,1%. Hasil karakterisasi membran PU-zeolit optimum mempunyai ketebalan 0,039 mm, porositas 76,9% dan derajat pengembangan 40%. Hasil FT-IR menunjukkan adanya gugus fungsi N=C=O pada panjang gelombang 2279 cm¬-1 dan gugus fungsi -OH pada bilangan gelombang 3300 cm-1 yang mengindikasikan sudah terbentuknya gugus uretan pada saat pembentukan membran. Hasil SEM menunjukkan keadaan morfologi yang tidak homogen baik sebelum maupun sesudah adsorpsi. Hasil uji tarik menunjukkan bahwa membran mempunyai kekuatan tarik serta elongasi sebesar 6,54 kgf/mm2 dan 8,14 %. Hasil adsorpsi yang menunjukkan bahwa persen penyerapan membran PU tanpa filler adalah 21%, penyerapan dengan filler zeolit saja adalah 37% dan penyerapan dengan membran PU-zeolit 0,01 gram adalah 73% yang menunjukkan bahwa penyerapan dengan menggunakan membran PU-zeolit mempunyai kinerja yang lebih tinggi dibandingkan membran kosong atau fillernya saja. Membran PU dapat dijadikan metode alternatif dalam penyerapan senyawa pencemar amonia yang berada di tambak udang dan ikan. Kata kunci: membran poliuretan (PU), zeolit, adsorpsi, amonia, isoterm

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONSENTRASI KARBON AKTIF TERHADAP KINERJA MEMBRAN ADSORPSI POLIURETAN DARI LUMUT DAN METILEN DIFENIL DIISOSIANAT (Fandini Putri Maulina, 2020)

PENGARUH KONSENTRASI BENTONIT TERHADAP KINERJA MEMBRAN ADSORPSI POLIURETAN DARI LUMUT DAN METILEN DIFENIL DIISOSIANAT (MDI) (Ayu Rahmani, 2019)

PENURUNAN KADAR LOGAM BESI AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI DENGAN ZEOLIT ALAM BANDA ACEH DAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Hasni, 2015)

PENURUNAN KADAR LOGAM CD AIR TANAH MELALUI KOMBINASI ADSORPSI NANO ZEOLIT ALAM ACEH DAN PENYARINGAN DENGAN MEMBRAN ULTRAFILTRASI (Cut Raziah, 2017)

PEMANFAATAN LIMBAH CANGKANG BIJI BUAH MELINJO (GNETUM GNEMON) SEBAGAI ADSORBEN METILEN BIRU (A. Syiva Mahera Indarum, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy