//

SISTEM LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP SISWA DALAM MENCEGAH KENAKALAN REMAJA (SUATU PENELITIAN DI SMK KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Susiana - Personal Name
SubjectCOUNSELING - EDUCATION
JUVENILE DELINQUENCY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Layanan Bimbingan Sosial, Kenakalan Remaja Penelitian yang berjudul : “Sistem Layanan Bimbingan Sosial Terhadap Siswa dalam Mencegah Kenakalan Remaja (Suatu Penelitian di SMK N se-Kota Banda Aceh) ini mengangkat masalah apa saja jenis kenakalan remaja yang terjadi pada siswa di SMK Banda Aceh dan jenis-jenis layanan bimbingan sosial yang bagaimana bisa diberikan untuk mencegah kenakalan remaja tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha guru pembimbing dalam mencegah kenakalan remaja di di SMK Kota Banda Aceh, untuk mengetahui usaha yang ditempuh guru pembimbing dalam mengatasi masalah siswa terhadap kenakalan remaja di SMK Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi oleh guru pembimbing dalam mengatasi masalah kenakalan remaja di SMK Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan deep interview atau wawancara mendalam dalam bentuk tertulis dan menggunakan pedoman wawancara. Subjek penelitiannya berjumlah 6 orang yang terdiri dari 4 orang guru berlatar belakang BK dan 2 orang bukan berlatar belakang BK. Hasil analisis data menunjukkan bahwa jenis-jenis kenakalan remaja yang terjadi di SMK Banda Aceh dapat dicegah dalam sistem layanan bimbingan sosial, yaitu penyimpangan dalam keluarga seperti membantah orang tua dan tidak mendengar nasehat orang tua, penyimpangan aturan sekolah seperti bolos dan merokok dan penyimpangan etika seperti tawuran. Usaha- usaha guru pembimbing dalam mengatasi masalah siswa di SMK Banda Aceh terhadap kenakalan remaja dengan sistem layanan bimbingan sosial, dengan beberapa usaha yaitu: layanan bimbingan belajar, Layanan konseling indiividual, layanan bimbingan kelompok, layanan mediasi, bekerjasama dengan orang tua siswa dan hambatan-hambatan yang dihadapi oleh guru pembimbing dalam mengatasi masalah kenakalan remaja, yaitu, kurangnya guru pembimbing dan konseling, kurangnya kesadaran siswa, dan kurangnya peranan orang tua.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUVENILE DELINQUENCY PADA REMAJA DI SMAN 8 BANDA ACEH TAHUN 2012 (anita tiara, 2014)

HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU KENAKALAN (DELINQUENCY) PADA REMAJA (A. M. Munawwarah, 2015)

GAMBARAN KENAKALAN REMAJA PADA REMAJA YANG KEHILANGAN ORANG TUA DIPANTI ASUHAN NIRMALA LAMPINEUNG BANDA ACEH TAHUN 2007 (Arfiza Ridwan, 2021)

INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMINIMALISIR KENAKALAN REMAJA (STUDI PADA REMAJA SABUNG AYAM DI DESA LUNG IE KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR) (RAUDHATUL HUSNA, 2018)

HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN DENGAN KENAKALAN REMAJA DI KOTA BANDA ACEH (Zuhairah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy