//

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA LINN.) TERHADAP BAKTERI PROTEUS SP. DARI ISOLAT KLINIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang INDAH PUSPITA PUTRI - Personal Name
SubjectHIBISCUS SABDARIFFA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Indonesia memiliki 7000 spesies tanaman yang berkhasiat obat. Salah satu yang sering digunakan adalah bunga rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan daya antibakteri ekstrak etanol bunga rosella terhadap Proteus Sp. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 kelompok perlakuan (ekstrak etanol bunga rosella konsentrasi 12,5%, 25%, 50% dan 75%) dan 2 kelompok kontrol (meropenem sebagai kontrol positif dan aquades sebagai kontrol negatif) dengan 5 kali pengulangan. Uji aktivitas antibakteri yang digunakan adalah difusi cakram Kirby Bauer. Parameter yang diamati yaitu luas zona hambat yang terbentuk. Data hasil penelitian dianalisis dengan Uji Non Parametrik Kruskall-Wallis dan dilanjutkan dengan Uji Mann-Withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol bunga rosella dengan konsentrasi 12,5%, 25%, 50% dan 75% mampu menghambat pertumbuhan Proteus Sp. dengan zona hambat rata-rata masing-masing 16,8 mm, 19,8 mm, 24,8 mm dan 26,8 mm. Sementara itu zona hambat rata-rata yang dihasilkan pada kelompok kontrol positif dan kontrol negatif masing-masing adalah 33,6 mm dan 0 mm. Semakin tinggi konsentrasi, semakin luas zona hambat yang terbentuk. Hasil analisis statistik (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA LINN) TERHADAP PSEUDOMONAS AERUGINOSA DARIRNISOLAT KLINIS (Mahda Rizki Liana, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA LINN.) TERHADAP BAKTERI PROTEUS SP. DARI ISOLAT KLINIS (INDAH PUSPITA PUTRI, 2014)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA LINN) TERHADAP KLEBSIELLA PNEUMONIAE ISOLAT KLINIS (AYU LESTARI, 2015)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA L.) TERHADAP ISOLAT KLINIS STAPHYLOCOCCUS AUREUS DAN ESCHERICHIA COLI SECARA IN VITRO (Nurul Hasanah yusri, 2014)

PENGARUH EKSTRAK KELOPAK BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SEBAGAI PENYEBAB KANDIDIASIS RONGGA MULUT SECARA IN VITRO. (Faolyna, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy