//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 2 KUTA BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Asra - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Asra, Siti. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kuta Baro. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Thamrin K, M.Si (2) Dr. Alamsyah Taher, M.Si Kata kunci : penerapan, listening team, media audiovisual, hasil belajar, IPS terpadu Penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kuta Baro. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Listening Team berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kuta Baro yang berjumlah 20 siswa.Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara individual pada siklus I sebanyak 75% meningkat menjadi 95% pada siklus II, ketuntasan klasikal pada siklus I sebanyak 70% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Aktifitas guru dan siswa pada siklus I terdapat 10 aktifitas yang sesuai, pada siklus II aktifitas yang sesuai menjadi 12. Ketarampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I diperoleh skor 3,29 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,68 dengan kategori sangat baik. Respon siswa pada umumnya baik, sebanyak 94,4% siswa di Kelas VII-C menyatakan dapat memahami, termotivasi, menyenangkan dan dapat menjawab soal evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Listening Team berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu pada siswa Kelas VII-C SMP Negeri 2 Kuta Baro.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA (Dini Ayunda, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Handayani, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE LISTENING TEAM DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Miftahul Izzati, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII-5 SMPN 7 BANDA ACEH (Ulviana, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (M. Firman Irha, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy