//

UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN SEMANGAT KEBANGSAAN PADA SISWA SMP NEGERI 1 JEUMPA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Benny Setiawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Benny Setiawan. 2018. Upaya Guru Dalam Menanamkan Semangat Kebangsaan Pada Siswa SMP Negeri 1 Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Ruslan, S.Pd., M.Ed (2) Hasbi Ali, S.Pd, M.Si Kata Kunci: Upaya Guru, Semangat Kebangsaan Penelitian ini tentang “Upaya Guru Dalam Menanamkan Semangat Kebangsaan Pada Siswa SMP Negeri 1 Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya”. Ada pun rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana upaya guru dalam menanamkan semangat kebangsaan pada siswa SMP Negeri 1 Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (2) Apa kendala guru dalam menanamkan semangat kebangsaan pada siswa SMP Negeri 1 Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini bertujuan untuk :(1) Untuk mengetahui upaya guru dalam menanamkan semangat kebangsaan pada siswa SMP Negeri 1 Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (2) menganalisis kendala yang dihadapi guru SMP Negeri 1 Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya dalam menanamkan semangat kebangsaan pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dekriptif, ada pun Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara. Lokasi penelitian yang beralamat di Jl. Nasional Blangpidie – Meulaboh, Desa Cot Mane Kec. Jeumpa, Kab. Aceh Barat Daya tepatnya di SMP Negeri 1 Jeumpa. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Upaya guru dalam menanamkan semangat kebangsaan pada siswa SMP Negeri 1 Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya adalah memperkenalkan sejarah kebangsaan indonesia atau memperlihat media/video apapun kepada siswa seperti perjuangan para pahlawan, dengan cara memotivasi dan mengajak siswa dalam berbagai hal kegiatan yang dilaksanakan baik di sekolah maupun diluar sekolah. (2) kendala guru dalam menanamkan semangat kebangsaan pada siswa SMP Negeri 1 Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya yaitu tidak ada kendala sedikit pun dalam menanamkan semangat kebangsaan, sangat mudah untuk diajak siswa dalam berbagai hal, dan juga guru sangat semangat dan tegas dalam hal apapun untuk bisa memajukan bangsa dan negara.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBINAAN KARAKTER BANGSA BAGI SISWA MELALUI UPACARA BENDERA DI SMA NEGERI 1 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Agus Putra Irawan, 2014)

PEMBINAAN KARAKTER KEBANGSAAN BAGI SISWA MELALUI UPACARA BENDERA DI SMA NEGERI 1 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Agus Putra Irawan, 2013)

PENGUATAN SEMANGAT KEBANGSAAN PADA PEMUDA OLEH BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK DI KOTA BANDA ACEH (Fakhrul Rifqi, 2020)

PEMBINAAN NILAI NASIONALISME PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI SMP NEGERI SAMUDERA ACEH UTARA (Roslina, 2013)

PERSEPSI SISWA TERHADAP EMPAT PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (STUDI PAD SMA NEGERI 3 KOTA BANDA ACEH) (Jalilah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy