//

PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENIPUAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR PIDIE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIVA RAININZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Riva Raininza, 2019 Mukhlis, S.H, M.Hum. Menurut Pasal 1 angka 13 Undang-undang No. 2 Tahun 2002 tentang POLRI yang dimaksud dengan penyidikan adalah serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut cara yang diatur dalam Undang-undang untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan penyidikan yang dilakukan oleh penyidik Kepolisian Resor Pidie, kendala pihak Kepolisian dalam melakukan penyidikan terhadap tindak pidana penipuan dan upaya untuk mengatasi kendala penyidikan terhadap tindak pidana penipuan di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Pidie. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data pokoknya (primer) dengan cara melakukan wawancara terhadap responden dan informan dan penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data tambahan (sekunder) dengan cara membaca buku-buku, peraturan perundang-undangan dan membaca literatur hukum yang berkaitan dengan penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan, proses penyidikan yang dilaksanakan penyidik Polres Pidie dalam menangani tindak pidana penipuan belum sepenuhnya sesuai dengan prosedur penyidikan, kemudian kendala yang harus dihadapi oleh penyidik Polres Pidie yaitu kendala dalam pengumpulan data, bukti-bukti yang mendukung perbuatan pidananya, tersangka yang tidak memberikan keterangan secara jelas, keterangan tersangka yang berubah-ubah saat pemeriksaan, kurangnya partisipasi saksi dalam memberikan keterangan dalam proses penyidikan dan terbatasnya jumlah personil. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan cara meningkatkan ketelitian dan kejelian untuk mendapatkan barang bukti, melakukan pemanggilan terhadap penyidik terkait tindak pidana yang ditangani, menunjukkan bukti yang sudah berhasil dikumpulkan penyidik dihadapan tersangka, melakukan upaya pendekatan kekeluargaan antara penyidik dan para saksi serta menambah personil anggota penyidikan. Disarankan kepada penyidik agar dapat memberikan tanggapan dan tindak lanjut untuk melaksanakan penyidikan, karena dengan adanya sikap cepat tanggap dalam melakukan penyidikan maka diharapkan dapat memudahkan ditemukannya barang bukti dan para pelaku tindak pidana. PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENIPUAN (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Pidie) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v, 58,) pp, tabl, bibl.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENIPUAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR PIDIE) (RIVA RAININZA, 2019)

PELAKSANAAN REKONSTRUKSI DALAM PROSES PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR (POLRES) ACEH BESAR (MUHAMMAD KADAFI, 2020)

PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA JENIS TANAMAN GANJA (CANNABIS SATIVA) (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR ACEH BESAR) (Abdul Hafiz, 2015)

PENANGANAN TINDAK PIDANA TABRAK LARI DALAM KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN MENINGGAL DUNIA DI TINGKAT PENYIDIKAN (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR PIDIE) (DEVY ALYA PRATAMA, 2019)

TINDAK PIDANA PENIPUAN DENGAN MODUS MENGGANDAKAN UANG (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR KOTA BANDA ACEH) (Medi Syahputra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy