KAJIAN KAPASITAS SALURAN DRAINASE JLN TGK TANOH ABEE DESA MULIA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

KAJIAN KAPASITAS SALURAN DRAINASE JLN TGK TANOH ABEE DESA MULIA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Arif Fadilah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1404001010124

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (D3) / PDDIKTI : 22401

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Banda Aceh merupakan kota yang memiliki kepadatan penduduk yang tergolong padat. Desa Mulia sendiri terletak pada pertengahan kota yang dapat mempengaruhi aliran saluran drainase. Desa ini sendiri memiliki kepadatan penduduk yang tergolong padat dimana penggunaan lahannya untuk pembangunan rumah penduduk dan perkantoran. Terdapat jalan arteri yang menghubungkan desa ini dengan jalan primer. Pada jalan arteri terdapat dua saluran drainase pada bagian kiri dan kanan jalan. Saluran ini dibangun untuk mengalirkan air buangan warga,perkantoran dan air limpasan hujan. Namun setiap terjadinya hujan dengan intensitas menengah-tinggi sering sekali terjadi genangan air bahkan banjir yang sangat meresahkan warga sekitar. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dari saluran drainase eksisting dalam ruang lingkupnya sebagai penampung dan mengalirkan air limpasan. Studi dilakukan dengan data-data primer dan skunder yang didapat dari instansi terkait maupun dari pengamatan langsung. Curah hujan yang digunakan dari tahun 2002 hingga tahun 2016 yang diperoleh dari BMKG Blang Bintang dan Balai Wilayah Sungai Sumatera 1 Provinsi Aceh . Untuk mengetahui dimensi saluran, dilakukan pengukuran dengan bantuan alat ukur. Tahapan penilitan ini adalah dengan melakukan Analisa hidrologi, menghitung intensitas curah hujan, perhitungan debit saluran dan debit banjir. Hasil studi ini memperlihatkan saluran drainase pada desa Mulia hanya mampu menampung debit sebesar 0,339 mm3/detik namun debit banjir rencana kala ulang 2 tahun untuk Q2 dengan Tc 60 menit sebesar 1,198 m3/detik, maka dari itu perlu dilakukan perencanaan ulang saluran. Perencanaan ulang saluran drainase menghasilkan kapasitas saluran 2,300 m3/detik dan dimensi saluran untuk T1,T2,T3,T4,T5,T6 dengan B = 1,574 m dan Y = 0,787 m. dan untuk T7,T8 dengan B = 0,930 m dan Y = 0,465 m.
Kata kunci : saluran drainase, banjir, kapasitas saluran

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK