//

PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA SISWA BERDASARKAN GENDER DI SMAN 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BELLA BELINDA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
BANDA ACEH
BERPIKIR KRITIS
PERBEDAAN KEMAMPUAN
MEMECAHKAN MASALAH
FISIKA
SISWA
BERDASARKAN GENDER
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis berdasarkan gender dalam memecahkan masalah fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI-IA2 (kelas Putra) dan kelas XI-IA4 (kelas Putri) yang kedua kelasnya sama-sama berjumlah 21 orang. Data dikumpulkan dengan memberikan tes kepada siswa yang menuntut kemampuan berpikir kritis dari Ennis. Kemampuan Berpikir Kritis merupakan kemampuan berpikir untuk mengambil suatu tindakan atau keputusan yang tepat dalam situasi tertentu misalnya, dalam pengerjaan soal. Hasil penelitian dari perhitungan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada pada soal berdasarkan gender. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t didapatkan t hitung > t tabel maka terima Ha dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah fisika pada siswa berdasarkan gender di SMAN 11 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLRM BASED LEARNING DI SMP PKPU ACEH BESAR (Masitah, 2019)

PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF (Ainuna Fasha, 2016)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (MAWADDAH, 2019)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTSN DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (MAWADDAH, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVETIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 6 BANDA ACEH (Ismaini, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy