//

UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES EKSTRAK ETANOL 80% BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN.) PADA MENCIT (MUS MUSCULUS) YANG DIINDUKSI ALOKSAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHAFIRA FATHIN - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS - ECONOMIC BOTANY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian uji aktivitas antidibetes ekstrak etanol 80% bawang putih (Allium sativum L.) telah dilakukan terhadap mencit yang diinduksi aloksan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas bawang putih terhadap penurunan kadar glukosa darah pada dosis 7, 14 dan 28 mg/20 g BB mencit. Ekstrak diperoleh dengan menggunakan metode maserasi. Dilakukan karakterisasi, penapisan fitokimia dan uji aktivitas antidiabetes. Karakterisasi yang dilakukan pada simplisia dan ekstrak menunjukkan hasil yang sesuai dengan monografi sampel. Penapisan fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak etanol 80% bawang putih mengandung metabolit sekunder golongan alkaloid, flavonoid, saponin dan triterpenoid. Hasil uji aktivitas antidiabetes yang diperoleh dari penelitian ini adalah terjadinya penurunan signifikan kadar glukosa darah pada hari ke 28, 35 dan 42 (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK ETIL ASETAT BAWANG PUTIH (ALIUM SATIVUM LINN) DENGAN VITAMIN C TERHADAP AKTIVITAS CANDIDA ALBICANS (Rena Meutia, 2016)

UJI LARVASIDA EKSTRAK ETANOL BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L) TERHADAP LARVA NYAMUK AEDES AEGYPTI INSTAR III (muhammad al-kahfi, 2015)

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK ETIL ASETAT BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) DENGAN VITAMIN B1 (TIAMIN) TERHADAP AKTIVITAS CANDIDA ALBICANS (Dhilla Shantiya, 2015)

DAYA HAMBAT EKSTRAK BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) TERHADAP PORPHYROMONAS GINGIVALIS SECARA IN VITRO (Mairisa Sulfani, 2015)

PENGARUH KOMBINASI EKSTRAK METILEN KLORIDA BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) DENGAN VITAMIN C TERHADAP AKTIVITAS CANDIDA ALBICANS (Teuku Edi Juanda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy