//

KONSERVASI ENERGI UNTUK SISTEM PENERANGAN MENGGUNAKAN DIMMER ELEKTRONIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Aulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Konservasi energi adalah pondasi menuju kemandirian energi dalam upaya menghemat pemakaian energi listrik untuk suatu kebutuhan dengan lebih bertanggung jawab. Tugas Akhir ini bertujuan sebagai konservasi energi listrik untuk sistem penerangan, khususnya penerangan dalam ruang. Penggunaan dimmer elektronik pada sistem penerangan untuk mengatur intensitas cahaya lampu mampu mengurangi konsumsi energi listrik, juga untuk mencegah pemborosan. Dengan mengunakan sensor PIR (Passive Infrared Receiver) sebagai pendeteksi adanya seseorang dalam ruangan. Pada saat terdeteksi adanya orang, maka lampu otomatis nyala. Namun, pada saat tidak ada orang, lampu akan padam setelah jeda selama satu menit. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan konservasi energilistrik untuk penerangan ruangan secara otomatis, dengan bantuan teknologi mikrokontroler Atmega328p yang terintegritas dengan mekanisme peredupan dan sensor gerak. Peredupan memiliki 4 tingkatan (level), masing-masing level berdurasi 5 menit. Dengan begitu, total siklus waktu yang terjadi sebesar 20 menit. Setelah sistem berjalan selama 20 menit, lampu kembali ke level pertama (4,13 W). Penghematan dalam satu siklus yaitu sebesar 29,33 W dan dalam satu jam adalah 87,99 W. Kata kunci: Konservasi energi, AC Light Dimmer, Sensor PIR, Penerangan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM AUTOMASI PENERANGAN JALAN UMUM BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA2560 (Zainuri Ikhsan, 2016)

PENERAPAN SISTEM TENAGA SURYA UNTUK KEBUTUHAN PENERANGAN PERAHU NELAYAN (Septian Darmawan, 2016)

RANCANG BANGUN SAKLAR OTOMATIS BERBASIS PASSIVE INFRARED (PIR) SENSOR DAN SMS GATEWAY UNTUK EFISIENSI PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK (STUDI KASUS PADA LABORATORIUM ENERGI LISTRIK) (Riza Akbar, 2016)

PERANCANGAN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) (Diana, 2016)

KAJIAN KONSTRUKSI HIJAU PADA ASPEK EFISIENSI DAN KONSERVASI ENERGI PADA PERUMAHAN KOMPLEK VILLA CITRA KOTA BANDA ACEH (Fakhrurrazi, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy