//

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS DI MAN 6 ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ANISA ASTIKA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TEACHING MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Model, ICARE, Reaksi Redoks Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran ICARE pada materi reaksi redoks di kelas X MAN 6 Aceh Besar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar, aktivitas dan tanggapan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIA 2 yang berjumlah 26 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar soal tes peserta didik, dan lembar angket tanggapan peserta didik. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh t-hitung yang lebih besar dari pada t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 yaitu 3,44 > 2,01, sehingga hipotesis alternatif H_a diterima dan hipotesis nol H_0 ditolak. Analisis data N-Gain diperoleh rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dimana rata-rata N-Gain kelas eksperimen yaitu 70,12 dengan kriteria tinggi sedangkan kelas kontrol yaitu 52,73 dengan kriteria sedang. Hasil observasi aktivitas peserta didik kelas eksperimen pada pertemuan pertama sebesar 83,65% menjadi 92,19% pada pertemuan kedua dan hasil observasi aktivitas peserta didik kelas kontrol pada pertemuan pertama sebesar 82,50% menjadi 88,75 % pada pertemuan kedua. Tanggapan peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran ICARE pada materi reaksi redoks dikatakan sangat setuju yaitu dengan persentasi 85,20%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar peserta didik pada materi reaksi redoks dan dapat meningkatkan aktivitas peserta didik serta di respon dengan sangat baik oleh peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga model ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada materi reaksi redoks.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI SMA NEGERI 12 MODEL BANDA ACEH (Mega Wati, 2019)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHINGPADA MATERI LARUTAN PENYANGGADI KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Gita Annisa Desiana, 2017)

PENERAPAN MODEL AUDITORY-INTELLECTUALLY-REPETITION PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (MAYA PARAMITHA MIRDA, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Chairil Anwar, 2018)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM IMUN (Maulinda Yani, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy