//

ENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KANCING GEMERINCING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID DI SMAN 1 PEUKAN BADA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meri Hardina - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktivitas, Kancing Gemerincing, Koloid, Kooperatif, Media, Video Telah dilaksanakan penelitian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kancing Gemerincing Berbantuan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasill Belajar Peserta Didik Pada Materi Koloid di SMAN 1 Peukan Bada . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar, dan mendeskripsikan tanggapan peserta didik terhadap model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IA 2 yang berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas peserta didik, soal tes hasil belajar dan angket tanggapan peserta didik. Hasil analisis data menunjukan bahwa persentase rata-rata aktivitas peserta didik pada pertemuan I sebesar 79,66% dan pertemuan II sebesar 84,33% (kategori sangat baik). Rata-rata hasil belajar peserta didik yang diperoleh sebesar 89,47% (termasuk dalam kategori sangat baik). 90,12% peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing pada materi koloid. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif kancing gemerincing berbantuan media video pada materi koloid dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dii SMAN 1 Peukan Bada.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POGIL PADA SUB MATERI KADAR ZAT DAN PEREAKSI PEMBATAS DI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA (Ayu Maulira, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Cut Khairul Rizqa, 2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (Hirma Astuti, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE (Fauzan, 2018)

PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Uci Sulfia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy