//

ANALISIS PENGGUNAAN PANTUN DALAM BUDAYA MASYARAKAT GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Susi Susanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Susanti, Susi. 2019. Analisis Penggunaan Pantun dalam Budaya Masyarakat Gayo Lues. Skripsi, Jurusan Pendidikan Baasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd., (2) Dr. Mohd. Harun, M.Pd. Kata Kunci: Masyarakat Gayo Lues, Penggunaan Pantun Penelitian ini berjudul “Analisis Penggunaan Pantun dalam Budaya Masyarakat Gayo Lues”. Masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan pantun dalam budaya masyarakat Gayo Lues? Tujuan penelitian mendeskripsikan penggunaan pantun dalam budaya masyarakat Gayo Lues. Sumber data penelitian ini adalah masyarakat asli Gayo Lues berupa data lisan yang diperoleh dari informan yaitu pantun Gayo yang terkait dalam budaya masyarakat Gayo Lues. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, rekam, catat dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan seleksi data, klasifikasi data, dan penyajian data. Setelah analisis data dilakukan, ditemukan budaya masyarakat Gayo Lues di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues yang menggunakan pantun terdapat tujuh budaya yaitu, (1) tari saman, (2) tari bines, (3) didong jalu (didong laga), (4) muda-mudi, (5) adat perkawinan, (6) pidato/ceramah, dan (7) budaya menasihati anak. .

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERGESERAN NILAI BUDAYA DALAM PENGGUNAAN PAKAIAN PENGANTIN DI KUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES (Arma Ariga, 2014)

PENGARUH TRANSPARANSI, MOTIVASI, BUDAYA, DAN REPUTASI TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DI BAITUL MAL KABUPATEN GAYO LUES (Elyska Mentari, 2019)

TRADISI BERBALAS PANTUN DALAM ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT ACEH TAMIANG (“DILEMA KEUTUHAN DAN KEBERLANJUTANNYA”) (Siti Sarah, 2019)

ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAN YANG TERDAPAT DALAM TARIAN SAMAN DI MASYARAKAT KABUPATEN GAYO LUES (RIDUAN SAHPUTRA, 2019)

PENGARUH PEMBERLAKUAN SYARIAT ISLAM TERHADAP BUDAYA LOKAL D IKECAMATAN TRIPE JAYA KABUPATEN GAYO LUES, 2002 - 2009 (Mangsur, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy