PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD KARTIKA XIV-2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR DI KELAS V SD KARTIKA XIV-2 BANDA ACEH


Pengarang

Nurleni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104110011

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

iii
ABSTRAK
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), bangun datar, hasil belajar.
Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Bangun Datar di Kelas V SD Kartika XIV-2 Banda Aceh” ini mengangkat masalah: a) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa, b) bagaimanakah kemampuan guru, dan c) bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi luas bangun datar di kelas V SD Kartika XIV-2 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, kemampuan guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi luas bangun datar di kelas V SD Kartika XIV-2 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Kartika XIV-2 Banda Aceh sebanyak 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Pengolahan data menggunakan teknik statistik sederhana dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata dan persentase. Hasil analisis data menunjukkan: a) Hasil belajar siswa siklus 1 diperoleh 67,75 (70%), siklus II diperoleh 75,25 (80%), dan siklus III diperoleh 83,75 (100%). b) Kemampuan guru siklus I diperoleh 3,23 (cukup), siklus II diperoleh 3,64 (baik), dan siklus III diperoleh 4,52 (sangat baik). c) Aktivitas siswa siklus 1 diperoleh 3,42 (cukup), siklus II diperoleh 3,7 (baik), dan siklus III diperoleh 4,52 (sangat baik). Hal ini sesuai dengan kategori nilai yang menjadi acuan penelitian ini, jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Disarankan penelitian selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam hal-hal yang dirasa kurang dalam penelitian ini, umpamanya dalam menggambar jenis-jenis bangun datar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK