//

IDENTIFIKASI FAKTOR - FAKTOR GUGURNYA PENAWARAN KONTRAKTOR DALAM PROSES LELANG DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Twk Ghozi Febriyan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tugas Akhir Sarjana IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR GUGURNYA PENAWARAN KONTRAKTOR DALAM PROSES LELANG DI KOTA BANDA ACEH Tuanku Ghozi Febriyan NIM.1204101010073 Program Studi Sarjana Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil-Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Abstrak Di dunia konstruksi, terdapat istilah Pengadaan (Procurement) yang diartikan sebagai proses untuk mendapatkan/memperoleh barang atau jasa konstruksi. Sistem pengadaan barang/jasa termasuk salah satu kegiatan yang mulai memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, melalui sistem pengadaan barang/jasa secara elektronik (e-Procurement). Gugurnya lelang disebabkan dari pihak rekanan yang mengikuti proses pengadaan barang/jasa pemerintah, dengan banyak terjadinya kegagalan para perusahaan kontraktor dalam proses mengikuti lelang. Ditinjau dari beberapa tahapan diantaranya tahap evaluasi administrasi, tahap evaluasi teknis, tahap evaluasi harga dan tahap pembuktian kualifikasi/klarifikasi. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasikan faktor-faktor penyebab gugurnya penawaran kontraktor dalam proses lelang di Kota Banda Aceh. Ruang lingkup penelitian adalah kontraktor kelas menengah yang pernah mengikuti lelang dengan sistem pascakualifikasi dalam kurun waktu 3 tahun lebih dan berdomisili di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan yaitu dengan cara mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 25 perusahaan yang diberikan langsung kepada pihak kontraktor. Sedangkan data sekunder berupa daftar nama-nama perusahaan kontraktor di Kota Banda Aceh yang terdaftar sebagai anggota LPJK (Lembaga Pelayanan Jasa Konstruksi) dan alasan penawaran peserta seleksi gugur dalam tender berdasarkan data LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) Provinsi Aceh Tahun 2016-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dominan penentu penawaran pada kontraktor pada variabel aspek administrasi yaitu faktor ketidaklengkapan persyaratan substansial yang diminta pada dokumen pengadaan memperoleh skor 98,4%. Pada variabel aspek biaya yaitu faktor kesesuaian antara disiplin ilmu dengan bidang yang ditangani memperoleh skor 97,6%. Pada variabel aspek teknis yaitu faktor pemenuhan spesifikasi teknis tidak sesuai dengan yang dipersyaratkatkan memperoleh skor 96,8%. Kata kunci: Kontraktor, Lelang, Penawaran, Pengadaan Barang/Jasa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR DOMINAN PENENTUAN PEMENANG LELANG PADA SISTEM GUGUR DI KOTA BANDA ACEH (MUAMMAR ZAKI FAHLEWI, 2014)

IDENTIFIKASI PENYEBAB GAGALNYA PENAWARAN KONTRAKTOR DI KABUPATEN ACEH BESAR (teuku syahrul rozi, 2019)

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KEMAMPUAN PEMASARAN DAN PENAWARAN SEBAGAI KEUNGGULAN DAYA SAING KONTRAKTOR DI KOTA BANDA ACEH (TEUKU ANANDASYAH P, 2018)

ANALISIS RISIKO PENAWARAN UNDERESTIMATE COST TERHADAP KUALITAS PROYEK KONSTRUKSI JALAN DI PROVINSI ACEH (Hamdani, 2016)

MENGUKUR TINGKAT KESULITAN YANG DIALAMI PENYEDIA BARANG/JASA DALAM PROSES PELELANGAN MENGGUNAKAN E-PROCUREMENT DI KOTA BANDA ACEH PROVINSI ACEH (Husna Annisa Rakhmah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy