//

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI 20 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suryani - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EDUCATIONAL MEDIA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : peningkatan hasil belajar, peta konsep, materi perubahan lingkungan hidup Penelitian ini berjudul meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan peta konsep pada materi perubahan lingkungan di kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Dengan mengangkat masalah apakah penggunaan media pembelajaran peta konsep dalam materi perubahan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 20 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh melalui penggunaan peta konsep pada materi perubahan lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh Tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel, yaitu 30 orang siswa. Penentuan sampel dilakukan secara keseluruhan (total sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekspirimen dan survey. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan teknik stratistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean). Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh dalam memahami materi perubahan lingkungan adalah 80. Berdasarkan kategori nilai yang menjadi acuan penelitian ini adalah 85,5 berada pada kategori baik. Sedangkan nilai rata-rata hasil tes pada pelajaran sebelum menggunakan peta konsep adalah 70. Dengan demikian pembelajaran perubahan lingkungan menggunakan media peta konsep dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran perubahan lingkungan, sehingga media pembelajaran peta konsep untuk pelajaran perubahan lingkungan dianggap sesuai dan dapat diterapkan diruang kelas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA PADAT, CAIR DAN GAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 PEUNITI BANDA ACEH (LISA KAMISLINA, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA PADA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Anuwar, 2014)

LANGUAGE STYLES USED IN ADVERTISEMENT OF THE JAKARTA POST NEWSPAPER (RIFKA FANI SYUHADA, 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013-2014 (AZRIN ADHA, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH. (Ahmad Fauzi, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy